anwarsigit blog information

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen

 Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulenanwarsigit.com – Cara paling ampuh untuk memasak nasi tanah tidak sama dengan nasi putih biasa. Beras warna-warni sering dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki pola makan yang ketat atau ingin menjalani kehidupan yang kacau. Nasi giling atau nasi giling lebih bersahaja daripada nasi putih. Beras berwarna bersahaja lebih rendah kalori dan lebih tinggi serat daripada nasi putih.

Warna merah nasi tanah berasal dari kandungan antosianin yang merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Beras warna tanah disampaikan menggunakan beras yang masih memiliki sekam. Sementara itu, nasi putih berasal dari nasi berwarna tanah yang telah dihilangkan kulitnya. Proses menghilangkan sekam dapat memperpanjang umur beras, tetapi manfaat dari sekam hilang.

Perbedaan Beras Merah dan Putih

Inilah perbandingan kandungan gizi beras merah dan beras putih dalam takaran 100 gram.

Beras Putih Beras Merah
Serat 0.6 mg 2 g
Zat Besi 1.2 g 5.5 g
Protein 6.8 g 7 g
Vitamin B6 0.1 mg 0.3 mg
Folat 108 µg 18.2 µg
Fosfor 68.8 mg 208 mg
Magnesium 24.2 mg 78.8 mg
Zink 0.8 mg 1.4 mg
Selenium 14 µg 11.7 µg
Tembaga 0.1 mg 0.2 mg
Mangan 0.7 mg 2.0 mg

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat utama dari beras merah atau nasi merah:

  • Kandungan antioksidan beras merah bisa menangkal radikal bebas
  • Antioksidan beras merah bagus untuk menjaga kesehatan kulit
  • Mengandung serat yang berfungsi menurunkan kadar kolestrol
  • Mencegah berbagai penyakit jantung akibat kolestrol tinggi
  • Memiliki indeks glikemik rendah, bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh
  • Mengurangi risiko obesitas dan cocok untuk diet
  • Kaya magnesium, bagus untuk mengatasi asma
  • Kandungan magnesium tinggi mencegah gangguan kesehatan tulang.
READ ALSO :   Tips Mudah Download Video From Instagram Story Saver

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen

Beras yang berwarna earthy memiliki sekam yang masih dibubuhkan sehingga memiliki kandungan serat yang tinggi. Nasi warna earthy sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani diet ketat atau penderita diabetes. Beras berwarna tanah memiliki permukaan yang lebih keras daripada beras putih.

Ada 2 jenis beras warna tanah yang biasa dijual. Yang pertama adalah beras berwarna tanah yang redup yang belum dikupas. Manfaatnya adalah rasanya tidak enak saat dimakan tetapi membuat Anda lebih cepat kenyang. Yang kedua adalah beras berwarna cerah. Biayanya lebih mahal dan tidak memiliki kulit ari. Permukaan nasi ini lebih lembut dan kurang padat saat dimakan.

Memasak nasi warna tanah tidak semudah memasak nasi putih. Beras berwarna tanah lebih keras dan rasanya membosankan. Agar nasi warna earthy tidak keras dan pulen, Anda bisa mengikuti teknik memasak nasi warna earthy berikut ini:

1. Cuci Beras Merah 2 – 3 Kali

Sama seperti menanak nasi putih, nasi yang berwarna tanah harus dicuci terlebih dahulu dengan air bersih. Membersihkan beras berwarna tanah cukup 2 sampai 3 kali. Usahakan jangan berlebihan agar zat gizi dalam beras tidak larut dalam air. Membilas beras berwarna bersahaja berulang kali dapat menghilangkan semua nutrisi penting di dalamnya.

2. Rendam Beras Sebelum Dimasak

Beras berwarna tanah memiliki permukaan yang keras. Jadi Anda ingin merendamnya terlebih dahulu sebelum dimasak. Rendam beras berwarna tanah selama sekitar 30 menit dalam air mineral atau dimasak. Setelah direndam, nasi berwarna tanah akan sedikit lunak. Kemudian, kemudian tiriskan air dan masak nasi berwarna tanah di penanak nasi.

3. Masak dengan Air Lebih Banyak

Beras berwarna tanah memiliki permukaan yang lebih keras. Oleh karena itu, Anda perlu memasaknya dengan lebih banyak air daripada nasi putih. Cara memasak nasi warna tanah agak berbeda agar permukaan nasi lebih pulen dan tidak keras. Berapa banyak air yang dibutuhkan?

READ ALSO :   Tips Jualan Di Bulan Puasa Yang Menghasilkan Cuan

Untuk memasak nasi yang berwarna earthy, Anda harus menggunakan air dengan perbandingan 3:1 atau 3 gelas air untuk 1 gelas nasi. Air yang digunakan sebaiknya menggunakan air mineral. Tujuannya agar beras berwarna earthy lebih steril dan terbebas dari pencemaran zat perusak.

4. Bisa Ditambah Garam atau Beras Putih

Beras berwarna tanah memiliki rasa yang membosankan. Untuk membuat nasi warna tanah lebih enak, Anda bisa menambahkan garam secukupnya sambil merendam nasi warna tanah. Usahakan untuk tidak menambahkan garam berlebih agar nasi yang berwarna earthy tidak asin. Setelah selesai, nasi warna tanah akan terasa lebih enak dan tetap bergizi karena garam tidak mengubah zat gizi nasi warna tanah.

Saat memasak, Anda juga bisa memadukan nasi merah dan putih. Soal perbandingan nasi merah dan nasi putih sesuai selera karena ini adalah pilihan. Tujuan memblender beras merah dan putih adalah agar permukaan beras lebih pulen dan tidak keras.

5. Masak Beras Merah Selama 45 Menit

Nasi berwarna tanah masak lebih lama dari nasi putih. Jika Anda biasanya memasak nasi putih hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, memasak nasi berwarna tanah membutuhkan waktu 15-20 menit lebih lama. Alasannya karena saat memasak nasi yang berwarna earthy kita menggunakan lebih banyak air. Selain itu, dibutuhkan waktu lebih lama untuk memasak nasi berwarna tanah sehingga lebih pulen dan tidak terlalu keras.

Itulah cara memasak nasi warna tanah yang enak, pulen, dan tidak keras. Memasak nasi warna tanah tidak sama dengan nasi putih. Ini karena permukaan nasi yang berwarna tanah lebih rajin daripada nasi putih. Meski begitu, kandungan menyehatkan dari nasi warna tanah lebih tinggi dari nasi putih. Beli beras warna tanah berkualitas di Bhinneka.

READ ALSO :   Cara Membuat Bolu Gulung Motif Batik agar Tampilannya Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published.