anwarsigit blog information

Cara Mengetahui Password Sudah Dibobol dan Bagi Mengatasinya

Cara Mengetahui Password Sudah Dibobol dan Bagi Mengatasinya

Cara Mengetahui Password Sudah Dibobol dan Bagi Mengatasinyaanwarsigit.com – Passwordnya didapat atau ada yang membobolnya, tentu Anda tidak percaya hal ini harus terjadi, bukan? Lalu, bagaimana solusinya jika password sudah ketahuan secara proaktif, apakah langsung mempengaruhi keamanan akun? Jawabannya relatif, semuanya tergantung bagaimana Anda membuat kata sandi, menyimpannya, dan menggunakannya dengan akun terkait. Sekarang mengingat pentingnya kata sandi, dalam artikel ini saya akan membahas tentang kata sandi dan keamanan catatan.

Belakangan ini banyak terjadi kasus pembobolan dan pembobolan password. Masih ingatkah Anda dengan “jeda informasi” atau jeda informasi Tokopedia? Terlepas dari kenyataan bahwa Toed mengklaim bahwa kata sandi pengguna dilindungi, tetapi sebenarnya tidak ada yang bisa memastikannya. Apalagi jika yang dijalankan adalah penyalahgunaan “dalam” atau dari pihak tertentu yang perlu memanfaatkan informasi kita. Hal yang sama akhirnya meneliti namun, sekitar 5 juta kata sandi pengguna ditembus pada pertengahan 2020. Ya ampun, itu mengerikan, saya percaya itu tidak terjadi pada kami ya…

Di dunia maju nilai informasi benar-benar penting. Misalnya, informasi sertifikasi (nama pengguna dan kata sandi) di pusat/buku besar komersial tempat Anda menyimpan saldo/tabungan untuk berbelanja. Jika informasi Anda ditemukan, peretas dapat menghabiskan tabungan Anda secara terbuka. Jadi jangan meremehkan kata sandi, karena kata sandi adalah pelindung dasar dari keamanan informasi dan catatan Anda.

Ciri Password / Kata Sandi Anda Ketahuan

Bagaimana cara melihat apakah kata sandi Anda telah ditemukan atau tidak? Memang, tidak ada metode yang jelas untuk melakukan itu, kecuali seseorang mengirim email dan kemudian memeras atau mengancam karena dia tahu kata sandi Anda. Seperti saya, saya pernah mengalami itu tapi ingat tidak menjawab atau menyetujui permintaannya, itu pasti pemerasan. Tetapi jika Anda browsing di Chrome maka Anda melihat gambar seperti ini. Jadi berhati-hatilah karena ini adalah komponen dari kata sandi yang didapat dan segera ubah kata sandi Anda.

READ ALSO :   Tips Menggunakan Aplikasi Get Name Di Handphone

Sekitar akhir tahun 2019, atau tepatnya, browser Google Chrome versi 79. Di browser baru ini, termasuk pemberitahuan kata sandi ditanamkan jika kata sandi Anda telah ditemukan. Misalkan Anda masuk ke sebuah record, maka setelah itu muncul tampilan seperti gambar di atas. Itu berarti bahwa nama pengguna dan kata sandi yang Anda gunakan telah ditempatkan di informasi yang telah dihapus.

Di browser Google Chrome terbaru ini, nama pengguna dan kata sandi yang Anda gunakan akan disimpan dalam informasi yang dikodekan. Informasi ini mungkin “diketahui” oleh Chrome, bahkan tidak ada yang tahu Google. Nantinya jika informasi Anda diingat untuk informasi yang diekspos/diekspos, Chrome akan benar-benar melihat informasi tersebut dan memberikan teguran. Jadi segera perbarui chrome terbaru (di sini), jika kata sandi sekarang terbuka maka segera ganti kata sandi Anda dengan yang baru dan aman.

Mengganti Password Akun yang Ketahuan Sekaligus

Dengan sorotan pemberitahuan kata sandi Chrome di atas, Anda dapat mengetahui akun mana yang telah didapat. Chrome akan memeriksa nama pengguna dan kata sandi yang disimpan, lalu menampilkan akun mana yang harus diubah kredensialnya.

  • Pada gambar pertama di atas klik “Check passwords”.
  • Lalu setelahnya akan muncul gambar kedua di atas. Atau jika Anda ingin periksa apakah password Anda aman atau belum, buka Settings pada Chrome => Autofill => passwords.
  • Pilih dan klik “Check passwords”.
  • Bagian “Compromised passwords” menunjukan akun dan password yang perlu diganti.
  • Untuk mengetahui password yang tersimpan di chrome, klik titik tiga dan “Show Password”. Cara ini juga bisa dipakai untuk mengetahui password orang yang login dari komputer Anda atau jika lupa, gunakan dengan bijak.
  • Terakhir klik “Change password” dan ubah segera sesuai akun masing-masing.
READ ALSO :   Begini Tips dan Trik Agar Nasi Tak Cepat Basi

Membuat Password Kuat Untuk Mengamankan Akun

Kata sandi hanyalah rangkaian huruf biasa. Kata sandi mungkin memiliki arti khusus bagi pengguna, tetapi itu harus menjadi sesuatu yang diketahui orang tersebut. Tetapi meskipun itu pribadi, jika kata sandinya adalah “kata begitu” maka itu pun tidak dapat diandalkan. Untuk membuat kata sandi yang kuat dan aman, Anda dapat menggunakan karakter khusus atau pembuat kata sandi.

1. Gunakan Karakter Spesial dalam Password

Karakter khusus adalah simbol khusus atau tanda aksentuasi tertentu. Selanjutnya yang digunakan dalam password tidak semua tanda, tetapi hanya karakter tertentu seperti:

Kalau kamu punya orang imut dari bola pingpong buatanku, kamu bisa memamerkannya, lihat di sini, hehe…

2. Gabungkan Kombinasi Huruf dan Angka

Campuran antara huruf dan angka juga bisa menjadi altenatif pilihan password kuat, misal:

3. Gunakan Huruf Besar dan Kecil

Agar password mudah diingat bisa saja menggunakan kata biasa. Tapi gunakan campuran huruf besar dan huruf kecil.

4. Jumlah Karakter Password Minimal 6

Jumlah karakter paling sedikit normal dalam kata sandi adalah 6 digit. Itu hanya standar, Google membatasi setidaknya 8 karakter. Namun, semakin banyak kata sandi yang ditarik, semakin baik.

5. Kombinasikan Semua Kriteria Sandi Aman

Yang paling aman adalah menggabungkan semua kriteria penulisan password aman di atas. Artinya password terdiri dari karakter spesial, huruf kapital dan kecil, ada angkanya dan jumlahnya panjang.

6. Manfaatkan Password Generator

Jika Anda memerlukan kata sandi yang benar-benar kuat, Anda dapat menggunakan alat pembuat kata sandi. Biasanya kata sandi tidak terdiri dari “kata-kata akhir” tetapi sebenarnya merupakan campuran huruf, angka, dan karakter khusus yang sewenang-wenang. Ada banyak alat pembuat kata sandi gratis, beberapa di antaranya adalah:
Pembuat Kata Sandi Bitwarden

Jika Anda menggunakan pembuat kata sandi, pastikan untuk mengamatinya. Karena hampir tidak mungkin untuk mengingat kata sandi, karakternya pasti sangat kacau.

READ ALSO :   5 Tips Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Aplikasi Simpan Password di Android

Satu lagi solusi untuk membuat password yang kuat adalah dengan menggunakan aplikasi password administrator. Aplikasi ini memiliki kemampuan prinsip menyimpan password, password generator, hingga autofill. Manfaatnya adalah password yang tersimpan di aplikasi diacak, hanya gadget Android Anda yang bisa mengaksesnya. Bahkan insinyur tidak dapat membukanya, bahkan menebak. Salah satu aplikasi pembuat kata sandi yang paling luar biasa adalah:

Bitwarden – Pengelola Sandi

Bitwarden menggunakan enkripsi siklus AES-256, garam hash, dan PBKDF2 SHA-256 yang membuat kata sandi sulit dibobol. Pilihan berbeda untuk aplikasi serupa adalah: Google Smart Lock, Password Safe, Keeper, Keepass2Android, LastPass, Dashlane, Enpass atau 1Password dan aWallet.

Gunakan Aplikasi Password Manager di PC

Ada banyak perangkat lunak pengarah kata sandi untuk PC Anda. Sebut saja KeePass, LogMeOnce, LastPass, Roboform, Symantec Norton Identity Safe, True Key, Dashlane, atau Sticky Password. Tapi satu yang menarik perhatian saya adalah Passbox.

Passbox adalah bagian yang berbeda dari yang lain, aplikasinya kecil dan ringkas sehingga Anda tidak perlu menginstalnya. Mendukung basis data yang berbeda, artinya Anda dapat mengklasifikasikan kata sandi seperti yang ditunjukkan oleh kategori akun. Juga memiliki generator kata sandi baru. Juga, yang paling saya sukai adalah Passbox berjalan terputus, artinya tidak terkait dengan web. Jadi lebih aman dan cukup untuk mengatasi masalah penyimpanan kata sandi. Silakan unduh dan baca dengan teliti cara menggunakan Passbox di Review Aplikasi Passbox. Terima kasih telah membaca dan saya percaya itu berguna …

Leave a Reply

Your email address will not be published.