anwarsigit blog information

Tips Cara Diet Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Tips Cara Diet Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Tips Cara Diet Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badananwarsigit.com – Diet saat puasa dianggap sebagai solusi terbaik untuk menurunkan berat badan. Ada beberapa realitas untuk itu. Apalagi saat berpuasa, kita tidak makan dan minum selama 13 jam, tidak termasuk waktu tidur. Jika dilakukan asal-asalan, menghitung kalori saat berpuasa memang membuat berat badan Anda bertambah. Bagaimana tips diet puasa ampuh untuk menurunkan berat badan?

Tips Diet Saat Puasa untuk Turunkan Berat Badan

Ada beberapa tips diet saat puasa dan beberapa hal yang harus Anda hindari untuk menurunkan berat badan, yaitu:

1. Kurangi Kebutuhan Kalori Harian

Tips diet saat puasa yang sangat ampuh adalah saat akan melalui sistem potong. Saat menjalani teknik ini, Anda harus mengetahui jumlah kalori yang dimakan saat berbuka puasa hingga ringan pertama. Kemudian, pada saat itu, sambil hidup memoles makanan dan minuman dengan jumlah kalori yang habis di bawah kebutuhan kalori harian Anda hanya dibutuhkan.

Misalnya, kebutuhan kalori harian Anda adalah 2000 kalori setiap hari. Kurangi 500 kalori, maka pada saat itu, Anda hanya perlu makan dan minum sebanyak 1500 kalori setiap hari saat berpuasa. Metode lari di luar bulan Ramadhan dapat menurunkan berat badan sebesar 0,5 hingga 1 kg setiap minggunya. Hasilnya bisa lebih diperhatikan jika dilakukan saat berpuasa sebulan penuh selama Ramadhan.

2. Atur Waktu Makan dan Kalorinya

Tips rutin makan berikut saat puasa adalah mengontrol kesempatan makan dan jumlah kalori yang dikonsumsi. Seperti yang dijelaskan di atas, untuk berpantang makanan saat puasa berhasil Anda ingin mengurangi kebutuhan kalori Anda sehari-hari. Sejak saat itu, tetapkan jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap makan malam.

Misalnya, dengan kebutuhan kalori harian 1500 kkal, Anda dapat membaginya menjadi 3 kali makan. Misalnya, 400 kkal saat buka puasa, 600 kkal setelah tarawih, dan 500 kkal saat sahur. Saat berbuka puasa, disyariatkan makan makanan yang mudah dicerna dan ringan agar tidak kenyang saat shalat Tarawih. Sejak saat itu, tidurlah 1-2 jam setelah makan sehingga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mencerna makanan.

READ ALSO :   Berikut ini Tips Slot Gacor Pragmatic: Main Slot Anti Karam dan Mudah JP

3. Perbanyak Protein, Kurangi Karbohidrat

Cara melangsingkan tubuh saat puasa yang sangat ampuh adalah dengan mengurangi karbohidrat dan gula. Makanan yang rendah karbohidrat dan gula dapat meningkatkan kinerja metabolisme tubuh dan membantu mengonsumsi simpanan lemak dalam tubuh. Makan banyak karbohidrat dan gula membuat Anda cepat lapar. Hal ini membuat rasa lapar semakin tinggi saat berbuka, namun tubuh dengan cepat menjadi tidak berdaya.

Karbohidrat tidak bisa dihilangkan karena tubuh membutuhkannya sebagai sumber bahan bakar. Anda bisa mengurangi asupan gula dan menggantinya dengan makanan berprotein tinggi. Makanan berprotein membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Seperti yang ditunjukkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, protein dapat mengurangi kelebihan rasio otot terhadap lemak, lebih mengembangkan komposisi tubuh, dan menekan rasa lapar.

4. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Tips diet saat puasa yang sangat ampuh menurunkan berat badan adalah dengan menjauhi makanan dan minuman manis. Gula merupakan salah satu jenis makanan yang perlu dikurangi bagi Anda yang sedang menjalani rutinitas makan yang ketat. Makanan dan minuman manis tidak akan mengurangi rasa lapar saat jumlah kalorinya tinggi. Hal inilah yang membuat banyak orang secara tidak sadar mengonsumsi gula secara berlebihan.

Sementara produksi insulin puasa menurun, mengurangi kapasitas tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Kelebihan kadar gula dalam tubuh yang tidak dapat diubah menjadi energi akan disimpan sebagai lemak. Ini adalah hal yang sangat mengacaukan program diet puasa Anda.

5. Minum Air Putih 8 Gelas Per Hari

Kita disarankan untuk minum air putih tidak kurang dari 2 liter setiap hari. Saat berpuasa, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memisahkan kapan harus minum air putih. Minum air putih dengan contoh 2-4-2, khususnya: 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas saat sore hari, dan 2 gelas saat matahari terbit.

READ ALSO :   Cara Shutdown / Mematikan Windows dengan Perintah Suara Terbaru

Manfaat air sangat besar bagi Anda yang sedang merencanakan nutrisi dengan cermat. Air dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30%. Metabolisme yang lebih cepat memungkinkan tubuh Anda untuk mengonsumsi lebih banyak lemak. Plus, kalori dalam tubuh juga bisa hangus dengan cepat. Dengan cara ini, Anda dapat menjalankan 2 prinsip utama dalam mengurangi junk food, yaitu membatasi kalori yang mendekati dan mengonsumsi kalori lebih cepat.

6. Tidur Cukup, Jangan Bergadang

Apakah Anda setidaknya tahu bahwa ketika Anda tidur, tubuh Anda membakar lebih banyak kalori? Seperti yang ditunjukkan oleh Sleep Foundation, tubuh bisa mengonsumsi sekitar 50 kalori setiap jamnya saat tidur. Bila ditentukan dengan aktivitas sehari-hari lainnya, tidur dapat mengkonsumsi 10% lebih banyak kalori. Penelitian menunjukkan bahwa individu yang mendapatkan tidur yang cukup mengalami proses konsumsi kalori yang lebih kuat.

Kurang tidur atau sering begadang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi sulit mengonsumsi cadangan otot versus lemak kok. Kurang tidur juga dapat meningkatkan zat kimia ghrelin yang dapat merangsang rasa lapar.

Makanan untuk Diet Saat Puasa

Bagi Anda yang sedang menjalani rutinitas makan ketat saat berpuasa, ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu Anda menurunkan berat badan sebenarnya. Makanan di bawahnya mengandung nutrisi yang diharapkan dapat menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Apa pun ?

Roti Gandum

Karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar tubuh. Untuk menurunkan berat badan saat berpuasa, Anda sangat menginginkan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan dengan karbohidrat kompleks membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna sehingga Anda tidak cepat lapar. Salah satu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah gandum. Gandum atau roti dari gandum cocok dikonsumsi saat istirahat siang.

Dada Ayam

Dada ayam merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Protein sangat penting bagi Anda yang sedang menjalani rutinitas makan ketat saat berpuasa. Protein sangat bagus untuk mereka yang sedang menjalani rutinitas makan yang ketat karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga bisa memberikan sensasi kenyang lebih lama. Daging dada ayam sangat enak diolah dengan cara dinyanyikan atau dikukus.

READ ALSO :   Tips Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus di Android, Lengkap!

Buah yang Mengandung Banyak Air

Buah-buahan menjadi salah satu menu wajib bagi Anda yang sedang menjalani rutinitas makan ketat saat berpuasa. Enaknya makan produk alami yang mengandung banyak air sehingga bisa memberikan rasa segar setelah seharian berpuasa. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga tubuh tetap solid selama menjalani bulan Ramadhan yang panjang.

Konsumsi Sayuran Warna-Warni

Bosan makan sayur sambil diet ketat? Mungkin Anda hanya makan beberapa jenis sayuran. Cobalah makan sayuran berwarna-warni agar Anda tetap terjaga untuk menahan diri dari makanan. Manfaat sayur dapat dibedakan dari warnanya. Misalnya, sayuran berwarna merah mengandung flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi stres.

Sayuran dengan warna biru menjaga sistem saraf. Sayuran kuning mengandung beta karoten yang berfungsi untuk menjaga sistem keamanan yang solid. Sementara itu, sayuran hijau menjaga pencernaan dan ginjal.

Nah itulah tadi tips diet puasa ampuh untuk menurunkan berat badan. Faktanya adalah titik di mana rutinitas makan Anda benar-benar ingin mengurangi kalori yang masuk dan meningkatkan konsumsi kalori dalam tubuh. Karena saat berpuasa sangat sulit untuk berolahraga, cara ini bisa Anda tingkatkan dengan menjaga pola makan dan istirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.