Tips Cek NISN Siswa Mudah & Cepat, Bisa Pakai Aplikasi & Situs Kemdikbud

Tips Cek NISN Siswa Mudah & Cepat, Bisa Pakai Aplikasi & Situs Kemdikbud

Posted on

Tips Cek NISN Siswa Mudah & Cepat, Bisa Pakai Aplikasi & Situs Kemdikbudanwarsigit.com – Penting bagi siswa untuk mengetahui cara memeriksa NISN siswa, dari tingkat dasar hingga sekolah menengah/profesional. NISN digunakan untuk membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di setiap sekolah di Indonesia.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sendiri merupakan salah satu informasi penting yang dimiliki oleh pelajar di Indonesia. NISN wajib dimiliki oleh setiap siswa yang terdaftar resmi di Kemendikbud, pak.

Kode identifikasi siswa ini baru dan dapat diakses di web. NISN diperlukan dalam berbagai program pembelajaran, seperti Ujian Nasional dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi.

Jadi, sangat penting untuk memeriksa apakah NISN masih dinamis atau tidak. Buat kamu yang belum kenal, simak data cara cek NISN siswa 2022 di artikel Jaka terlampir.

Tentang NISN

Nomor Identifikasi Pelajar Umum (NISN) adalah kode pengenal identitas yang bersifat istimewa, standar, dan sah selamanya. NISN diberikan kepada setiap siswa dalam satu satuan pelatihan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Rujukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NISN publik sistem dewan dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagian dari program Dapodik (Data Dasar Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil proses kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara lugas dalam batasan tertentu melalui website NISN di kemdikbud.go.id. NISN terdiri dari 10 digit angka dengan konfigurasi : xxxyyyyyyy.

NISN sebagian besar digunakan untuk mendukung program penyusunan instruktif. Misalnya, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, Program Indonesia Pintar (PIP), hingga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

READ ALSO :   10 Tips Pencegahan Penyakit Serangan Jantung

Cara Cek NISN Siswa

NISN terdiri dari sepuluh angka luar biasa, dengan tiga digit pertama yang digunakan untuk mewakili tahun siswa. Untuk beberapa individu mungkin sulit untuk mengingat angka-angka ini. Jangan repot-repot stres karena NISN harus terlihat dengan mudah.

Cek NISN Siswa di Situs Kemdikbud

Pengecekan NISN berdasarkan nama harus bisa dilakukan melalui website otoritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Berikut cara cek NISN siswa melalui website Kemendikbud.

  1. Buka situs resmi Kemdikbud di sini.
  2. Masukkan nama lengkap siswa.
  3. Masukkan data tempat dan tanggal lahir.
  4. Masukkan nama ibu kandung siswa.
  5. Centang opsi Captcha.
  6. Klik Cari Data.
  7. Data NISN akan muncul.

Cek NISN Siswa di Aplikasi

Saat ini, hampir semua kebutuhan dilakukan melalui aplikasi yang dapat diakses secara khusus dari ponsel, grup. Pengecekan NISN adalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan melalui aplikasi. Tidak kurang dari tiga aplikasi cek NISN siswa yang bisa Anda gunakan.

Anda dapat menemukan dan mengunduh ketiga aplikasi edukatif untuk mengecek NISN siswa di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan sehingga dipastikan tidak membuat memori HP penuh.

Selain itu, aplikasi cek NISN pelajar memiliki kelebihan lain yang tidak kalah bermanfaat. Aplikasi ini juga dapat memberikan data tentang sekolah, mulai dari guru hingga staf pengajar.

Untuk mengetahui lebih gamblang dan lengkap tentang cara cek NISN siswa melalui ketiga aplikasi ini, silahkan cek artikel Jaka di bawah ini ya.

3 Aplikasi Cek NISN Siswa Paling Akurat, Jangan Panik Jika Lupa NISN!

Ingin tahu cara mudah mengetahui NISN Anda? Aplikasi cek NISN siswa ini dapat digunakan untuk mengantisipasi jika Anda lalai atau tidak mengingatnya.
LIHAT ARTIKEL

READ ALSO :   Tips Memudahkanmu Menjaga Sikap Positif di Tempat Kerja

Tujuan dan Manfaat NISN

Cara mengecek NISN siswa tentu sangat penting untuk dipahami oleh setiap siswa agar dapat menyelesaikan program pembelajaran yang sesuai. Sesuai website Kemendikbud, selanjutnya adalah tujuan dan manfaat NISN.

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Akhir Kata

Cara mengecek NISN siswa seharusnya dapat dilakukan dengan mudah baik melalui website otoritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau aplikasi. Pelajar dari SD hingga SMP/SMA diharapkan memeriksakan NISN secara konsisten.

Menjadi salah satu informasi penting yang dimiliki setiap pelajar di Indonesia, mengetahui status NISN akan membantu Anda untuk mendapatkan dan menjalankan berbagai program pembelajaran dengan lebih ideal, pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.