anwarsigit blog information

Tips dan Trik Lolos SNMPTN 2022, Pelajar Wajib Tahu!

Tips dan Trik Lolos SNMPTN 2022, Pelajar Wajib Tahu!

Tips dan Trik Lolos SNMPTN 2022, Pelajar Wajib Tahu!anwarsigit.com – SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN adalah jalan yang dirindukan siswa kelas dua belas. Karena jika lolos seleksi tidak harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). SNMPTN menggunakan raport dari semester 1 sampai semester 5. Pendaftaran SNMPTN dimulai dari tanggal 14 – 28 Februari 2022.

Walaupun SNMPTN menggunakan sistem, kita harus memiliki strategi dalam memilih jurusan dan universitas yang akan diselesaikan sambil mengisi informasi di akun LTPMT nanti. Selanjutnya ada tips dan trik lolos SNMPTN yang bisa dijadikan sumber wawasan.

1. Mengetahui Persyaratan dari SNMPTN

Tidak seluruh siswa yang ada di sekolah bisa mengikuti SNMPTN. Panitia memiliki persyaratan untuk SNMPTN, yaitu:

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Prestasi ilmiah yang disinggung adalah memenuhi standar untuk tetap mengudara oleh PTN. Nilai kelulusan pada rapor adalah nilai kelulusan yang normal, stabil, dan tidak mengalami penurunan nilai. Memiliki nilai dengan grafik yang meningkat juga menjadi pertimbangan keputusan PTN.

  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS

 

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah sistem pelayanan pengawasan nomor pendaftaran siswa secara luas oleh Pusat Data dan Statistik Kementerian Pendidikan Nasional yang merupakan program Data Dasar Kementerian Pendidikan Nasional.

PDSS adalah singkatan dari School and Student Database. PDSS adalah sistem data dimana semua informasi raport siswa yang dikumpulkan akan digunakan dalam proses pendaftaran siswa untuk seleksi SNMPTN.

  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS
READ ALSO :   Cara Download Aplikasi CapCut Pro MOD APK v5.3.0 Terbaru 2022, No Watermark!

Kita bisa mengikuti SNMPTN setelah nilai rapor semester 5 telah diterima oleh siswa dan telah dionput oleh sekolah di PDSS

  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Jika kita telah resmi sebagai siswa eligible dan memilih program studi bidang seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio yang ditentukan oleh PTN tersebut.

2. Terdaftar sebagai siswa eligible

Siswa yang memenuhi syarat adalah siswa yang memenuhi kedua persyaratan administrasi (telah menyelesaikan SNMPTN PDSS), perlu mengikuti SNMPTN, dan dalam hal prestasi dan raport yang terbaik di sekolahnya, sehingga dapat mendaftar SNMPTN. Penjaminan siswa yang memenuhi syarat akan dilakukan pada 4 Januari – 8 Februari 2022.

3. Menentukan Perguruan Tinggi Negeri dan jurusan yang tepat

  • Mencari tau bakat dan minat

Ada baiknya sebelum menentukan signifikansi apa yang akan kita pilih, kita pelajari tentang bakat dan minat yang ada dalam diri kita. Ini memiliki banyak keuntungan bagi kita, salah satunya adalah memiliki pilihan untuk menentukan jurusan yang pas, sehingga kita akan menjalaninya dengan baik.

  • Mencari taju beberapa universitas dan jurusan yang kamu inginkan

Setelah mengetahui bakat dan minat Anda, tahap selanjutnya adalah mencari tahu universitas mana saja yang memiliki jurusan tersebut. Tahap selanjutnya adalah mengkoordinir nilai kita dengan nilai yang didapat di universitas. Data tentang universitas dapat ditemukan di situs web otoritas.

  • Mencari tahu data siswa SNMPTN yang lulus pada tahun sebelumnya di BK

Selain nilai, alumni juga berpengaruh pada penerimaan di PTN. Lebih besar kemungkinan kita ada peluang lulus jika ada alumni yang ada di jurusan yang akan dipilih. BK memiliki data-data tersebut.

  • Berkonsultasi dengan BK dan orang tua tentang pilihan kita
READ ALSO :   Tips Sukses Untuk Memulai Bisnis Bagi Pemula

Setelah menguatkan keputusan, berkonsultasilah dengan BK. Hal ini agar BK dapat mengharapkan siswa yang berbeda tidak memilih signifikan yang telah Anda pilih. Mohon izin dan restu orang tua untuk memudahkan dan lulus SNMPTN 2022 sesuai minat.

4. Mendaftar SNMPTN 2022

Untuk SNMPTN 2022 ini diadakan pada tanggal 14 – 28 Februari 2022 nanti. Dalam pemilihan jurusan ada beberapa ketentuan, yaitu:

  • Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  • Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun
  • Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

Dalam mendaftar SNMPTN nanti, usahakan kita memiliki sertifikat yang minimalnya tingkat provinsi karena itu juga termasuk nilai tambahan.

5. Rajin mengecek informasi terbaru tentang SNMPTN

LTMPT mengingatkan agar siswa selalu update tentang perkembangan informasi melalui media sosial LTMPT.

6. Perbanyak do’a

Ingatlah untuk selalu memohon kepada Allah dan agar umat Islam memahami QS. Al-Waqi’ah setelah memainkan petisi Maghrib.

Sekian tips dan trik agar lolos SNMPTN 2022 dari saya agar bisa mendapatkan kampus impian. Idealnya Anda dapat lulus ke departemen dan sekolah yang Anda butuhkan. Tetap semangat dalam belajar dan jangan menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.