anwarsigit blog information

8 Tips Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP, Mudah dan Ampuh Banget!

8 Tips Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP, Mudah dan Ampuh Banget!

8 Tips Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP, Mudah dan Ampuh Banget!anwarsigit.com – Pernahkah Anda mengalami kamera ponsel kabur yang membuat bidikan Anda terlihat buruk? Kalau pernah, kamu wajib simak cara menghilangkan embun di kamera HP yang Jaka bahas di artikel kali ini.

Kamera HP yang berembun pasti akan membuat hasil jepretan foto kurang ideal. Bidikan yang dihasilkan terlihat kabur dan kusam.

Biasanya embun yang mengendap di kamera handphone disebabkan oleh air, baik itu dampak dari guyuran hujan maupun karena dimasukkan ke dalam saku saat hujan sehingga menjadi berembun.

Apapun penyebabnya, jika kamera HP basah karena air, Anda harus segera menatanya. Cara menghilangkan embun di HP juga sangat mudah. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Apakah Embun di Kamera HP Bisa Hilang?

Embun tergolong partikel ringan dan tidak begitu merusak kesehatan HP. Namun, ketika HP sedang padat dan tidak segera Anda tangani, membunuhnya menjadi lebih sulit dan memakan waktu cukup lama.

Namun, tenang dan jangan bereaksi berlebihan dulu, oke, pagar betis. Jaka punya cara ampuh menghilangkan embun di kamera ponsel, baik di kamera depan maupun belakang.

Agar embun di kamera HP cepat hilang tanpa membongkarnya, bagaimana kalau kita simak terus artikel ini agar tahu cara menghilangkan embun di kamera depan dan belakang.

1. Menghilangkan Embun dengan Silica Gel

Cara menghilangkan embun pada kamera HP yang pertama adalah dengan menggunakan Silica Gel. Sedikit data pak, biasanya Silica Gel bisa dilacak saat membeli sepatu baru. Kapasitas Silica Gel sendiri adalah untuk menjaga sepatu tetap kering atau tidak lembab.

Berdasarkan fungsi tersebut, Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan embun pada kamera HP. Caranya adalah dengan menghilangkan baterai ponsel (jika ponsel Anda adalah baterai yang dapat dilepas) atau cukup tempatkan ponsel dengan kamera berembun di kompartemen seperti yang dibayangkan. Kemudian, taburkan dan oles Silica Gel di sekitar ponsel termasuk di dekat kamera ponsel.

READ ALSO :   Berikut ini Tips Download File Scribd Gratis Terbaru 2022, Tanpa Login dan Nggak Pakai Ribet!

Tutup dudukan dengan kuat dan tinggalkan HP dengan Silica Gel dalam satu kompartemen jangka pendek. Esoknya, embun di kamera ponsel Anda tidak akan ada lagi!

2. Menghilangkan Embun dengan Beras

Beras adalah cara ampuh menghilangkan embun di kamera hp. Karena beras memiliki sifat yang dapat menyerap. Menggunakan beras ini adalah hal yang sangat mudah untuk Anda lakukan, dan beras juga lebih mudah diperoleh daripada menggunakan cara lain.

Menggunakan beras untuk menghilangkan embun di kamera ponsel sama mudahnya dengan menggunakan Silica Gel. Pertama, kamu bisa memasukkan HP dan beras dalam satu wadah yang sama. Kemudian tutup dudukannya dengan kuat dan biarkan selama satu hari atau beberapa jam.

Disarankan untuk meletakkan ponsel Anda di tumpukan beras saat Anda ingin tidur, karena proses ini memakan waktu beberapa jam. Jadi keesokan paginya setelah bangun tidur kalian bisa menggunakan kamera hp tanpa harus diselimuti embun lagi, geng.

3. Menghilangkan Embun dengan Lampu

Anda membutuhkan cara yang lebih cepat tanpa harus berdiri sepanjang malam atau berjam-jam? Kemudian Anda dapat memanfaatkan panasnya cahaya untuk menghilangkan embun pada kamera HP.

Cara menghilangkan embun pada kamera hp dengan cahaya adalah cara yang paling luar biasa dan memikat karena akan ada panas yang dikeluarkan dari sebuah cahaya.

Caranya kamu hanya perlu mematikan ponsel dan meletakkannya di level base. Tempatkan lensa kamera HP di bagian atas, atau dikenal sebagai wajah ponsel Anda. Kemudian, sorotkan cahaya ke arah kamera HP sampai embun pada kamera menguap.

4. Menghilangkan Embun dengan Hair Dryer

Pengering rambut atau hair dryer, tidak hanya bisa digunakan untuk mengeringkan rambut. Tapi kamu juga bisa menggunakan perangkat ini untuk menghilangkan embun di kamera ponsel kamu, geng.

Mudah kok, bang. Pertama, ponsel yang memiliki kamera kabur harus dimatikan terlebih dahulu. Kemudian nyalakan pengering rambut dan keringkan kamera HP yang berembun.

Anda juga harus berhati-hati saat menggunakan pengering rambut ini, karena jika Anda menggunakannya secara tidak tepat, embun dapat masuk ke kamera dan sulit untuk dihilangkan.

5. Menghilangkan Embun dengan Kipas Laptop

Kamu juga bisa menggunakan kipas laptop untuk menghilangkan kelembapan dari kamera HP kamu lho! Anda hanya perlu menggunakan laptop yang menyala agar kipas di laptop bisa digunakan.

READ ALSO :   Tips Cara Beli Mobil Lawas, Colek Knalpotnya

Cara pertama adalah dengan meletakkan ponsel Anda di dekat kipas laptop yang menyala. Tunggu beberapa saat hingga embun pada kamera HP benar-benar hilang.

Namun jangan biarkan laptop Anda terlalu dekat dengan kipas angin, karena kipas angin memiliki kemungkinan untuk meniupkan debu atau kotoran dari motor laptop ke kamera Anda. Jadi jangan tinggalkan ponsel terlalu lama di dekat kipas laptop.

6. Menghilangkan Embun dengan Sinar Matahari

Strategi yang satu ini seharusnya bisa dilakukan untuk kamera HP yang memiliki sedikit embun di lensa. Karena jika ada banyak embun, menggunakan teknik ini sangat menantang untuk menghilangkan embun di kamera.

Strategi ini berisiko kamera Anda menjadi berkabut dan parahnya bisa rusak, pagar betis. Anda tidak perlu stres karena Jaka akan memberikan tips dan trik agar tidak membahayakan kamera ponsel Anda.

Pertama, Anda perlu meletakkan ponsel di kompartemen yang dapat menahan sinar matahari langsung. Jika ponsel terkena sinar matahari koordinat, akan menyebabkan kerusakan pada kamera ponsel.

Kemudian, letakkan kompartemen berisi ponsel Anda di tempat yang terkena sinar matahari. Keringkan ponsel di dalam dudukannya atau bungkusnya hingga kelembapan pada kamera ponsel menguap. Usahakan untuk tidak terlalu lama menggantung ponsel, karena ponsel Anda akan berantakan dan berdebu.

7. Menghilangkan Embun dengan Air Panas

Intinya jangan merendam hp di pancuran air panas ya geng. Strategi ini tidak terlalu berhasil untuk dilakukan, tetapi jika Anda menyelesaikannya dengan baik, embun di kamera ponsel Anda bisa hilang.

Caranya, kamu tinggal meletakkan ponsel di atas dudukan yang sudah berisi air panas. Seperti itu, embun di kamera HP akan hilang tanpa bantuan orang lain. Pastikan HP kamu tidak terendam air ya, pagar betis.

Bagi Anda yang perlu melakukan teknik ini, sebaiknya Anda mewujudkannya jika cara-cara di atas tidak berhasil.

8. Melepas Casing HP

Casing HP banyak digunakan oleh pengguna smartphone sebagai pengaman. Jika ponsel mereka terjatuh, maka ponsel tidak akan tergores parah karena menggunakan casing.

Namun, ketika kamera ponsel Anda kabur dan Anda tidak segera menghilangkan penutupnya, kelembapan pada ponsel Anda tidak akan hilang. Embun akan mengendap dan membuat eksekusi kamera berkurang.

READ ALSO :   Tips Aman Menggendong Bayi Baru Lahir

Langkah atau cara terbaik membersihkan lensa kamera depan HP bagian dalam adalah dengan menghilangkan casing HP. Lepaskan secara perlahan agar embun yang ada di dalamnya menghilang.

Kemudian, bersihkan kamera dengan lembut agar lensa tidak tergores. Jika Anda bisa, gunakan q-tip atau kain mikrofiber khusus untuk membersihkan embun.

10. Bawa ke Service Center Resmi dan Klaim Garansi

Kamera hp kamu masih kabur dan teknik di atas tidak membantu? Kalau iya, harus bawa hp ke service fokus terdekat, pak.

Jika embun yang menguap di ponsel dalam waktu yang sangat lama dapat menyebabkan masalah yang cukup serius. Artinya, embun sudah menyebar ke lensa sehingga tidak bisa ditangani dengan cara-cara di atas.

Suka atau tidak, Anda harus pergi ke tempat servis. Anda lebih suka tidak menggunakan ponsel dengan kamera yang buruk, bukan?

Jadi, daripada berlebihan beli Hp terbaru 2022, lebih baik bawa HP saja ke fokus layanan otoritas dengan menegaskan garansi.

Penyebab Kamera HP Berembun

Kamera HP kabur disebabkan oleh beberapa faktor, pak. Agar kamera HP kamu tidak kabur, sebaiknya ketahui dulu faktor penyebab kamera HP kabur agar jauhi kondisi ini.

  • HP masuk ke dalam air karena kehujanan

  • Kaca kamera bermasalah

  • Layar utama berembun

  • Body HP yang gak rapat

  • Pernah tersiram air

  • Kondisi ruangan yang lembab

Akhir Kata

Itulah tadi cara menghilangkan embun di kamera HP yang bisa kamu lakukan dengan menerapkan berbagai cara dan bahan yang Jaka referensikan sebelumnya. Dengan begitu, kamu tidak akan bingung saat ingin menghilangkan embun pada kamera HP.

Idealnya strategi itu berguna dan tepat, ya, kelompok. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.