Tips Beli Saham GoTo & Perusahaan Lain yang IPO, Dijamin Cuan!

Tips Beli Saham GoTo & Perusahaan Lain yang IPO, Dijamin Cuan!

Posted on

Tips Beli Saham GoTo & Perusahaan Lain yang IPO, Dijamin Cuan!anwarsigit.com – Anda memang perlu tahu cara membeli saham GoTo sebagai penggiat investasi saham. Organisasi yang menyatu dengan GoJek dan Tokopedia ini saat ini sedang dalam tahap kontribusi awal atau disebut juga IPO, sehingga Anda bisa membeli sahamnya dengan harga lebih murah!

Tahun lalu, GoJek dan Tokopedia resmi konvergen menjadi GoTo. Konsolidasi ini sekaligus menjadikan konsolidasi dua perusahaan unicorn asal Indonesia itu sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia.

Oleh karena itu, banyak yang mengira GoTo adalah organisasi dengan potensi luar biasa dan percaya bahwa mereka akan segera melakukan IPO. Harapan banyak pegiat investasi saham di Indonesia pun terjawab dengan kabar bahwa GoTo akan segera turun di bursa saham pada 4 April 2022 mendatang.

Agar Anda bisa mendapatkan share GoTo sejak awal perilisannya, sebaiknya simak pembahasan lengkap cara pembelian saham GoTo berikut data penting lainnya pada artikel di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan IPO?

Jaka menganggap bahwa Anda yang membaca artikel ini tidak hanya ahli di bidang saham. Anda yang ingin mulai berinvestasi atau bahkan hanya tertarik mencoba bermain saham mungkin juga tertarik untuk membeli saham GoTo.

Karena itu, Jaka akan memahami terlebih dahulu apa yang tersirat dari IPO tersebut. Istilah saham merupakan kependekan dari “initial public kontribusi” yang mewakili proses suatu organisasi menjual sahamnya kepada masyarakat umum secara menarik, juga dikenal sebagai keterbukaan terhadap dunia.

Setelah IPO otoritas, organisasi yang sebelumnya tertutup kini berubah menjadi organisasi publik. Mereka juga harus mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Saat ini, karena statusnya terbuka, Anda sebagai warga negara Indonesia yang saat ini memiliki KTP dapat membeli saham dari semua perusahaan yang terdaftar di BEI. Dengan membeli saham, Anda secara resmi telah menjadi investor atau pemilik organisasi.

Karena Anda telah menjadi investor, Anda juga berhak mendapatkan dividen atau berbagi keuntungan organisasi. Anda juga berhak menghadiri rapat umum pemegang saham (RUPS) komprehensif yang diadakan sesekali.

READ ALSO :   Berikut ini Cara Melihat On Repeat Spotify

Potensi dividen inilah yang dicari oleh banyak individu dari IPO GoTo. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik. Pasalnya, organisasi “fusi” kedua unicorn ini diharapkan bisa sukses luar biasa dan menjadi ekosistem digital esensial di Indonesia.

Seputar IPO GoTo

Per 15 Maret 2022, GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melaporkan rencananya untuk IPO. Organisasi unicorn ini akan mengarahkan penilaian nilai pasar saham atau ekspansi buku pada 15-21 Maret 2022 sebelum dapat mulai melakukan pertukaran saham di BEI pada 4 April.

Sebelum benar-benar dirilis, IPO GoTo harus melalui beberapa tahapan. IPO seharusnya mendapat pernyataan kuat dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada 25 Maret 2022. Sedangkan kontribusi keseluruhan dijadwalkan 29-31 Maret 2022.

GoTo menyatakan bahwa tujuan mereka untuk terdaftar di bursa adalah karena Indonesia dianggap sebagai salah satu pasar berkembang terbesar dan paling memikat di planet ini. Hal ini tercermin dari ketahanan pasar modal di tengah volatilitas pasar dunia pada tahun ini.

Harga Saham GoTo

Dirinci dari berbagai sumber, GoTo akan merilis sebanyak 52 miliar lembar saham seri A, setara dengan 4,25% dari total saham yang dikeluarkan. Harga saham perdana ditetapkan Rp316-Rp346 per saham.

Dari cost dan share yang dikeluarkan, GoTo berharap dapat mencapai target pembiayaan sebesar Rp. 17,99 triliun. Dana IPO akan digunakan untuk modal pergantian acara dan pengembangan teman.

Cara Beli Saham GoTo

Untuk memiliki opsi pembelian saham GoTo atau perusahaan lain yang telah IPO, BEI menyediakan panggung digital yang dapat digunakan oleh semua kalangan. Panggungnya adalah e-IPO yang biasa digunakan untuk membeli saham di web.

Selain e-IPO, Anda juga bisa melakukan transaksi di aplikasi bursa seperti IPOT. Anda harus mendaftar di dua platform untuk membeli saham organisasi.

Tenang, Anda tidak perlu takut dengan e-IPO dan IPOT karena kedua platform ini diawasi oleh Indo Premier Sekuritas yang telah resmi menjadi salah satu penjamin emisi GoTo.

Jika Anda masih bingung tentang cara membeli saham di e-IPO dan IPOT, silakan periksa ajudan di bawah ini:

1. Cara Beli Saham GoTo di e-IPO

Pada Agustus 2020, BEI menghadirkan sistem e-IPO, yaitu layanan pembelian saham IPO berbasis web untuk memudahkan individu di era digital.

READ ALSO :   LG X Series Harga , Spesifikasi Dan Tanggal Rilis

Indo Premier ditunjuk oleh OJK sebagai salah satu penyedia sistem e-IPO. Pelanggan organisasi sekuritas ini juga dapat lebih mudah untuk membeli saham dalam kontribusi awal mereka.

Berikut ini ajudan yang sudah jadi beserta langkah-langkah pembelian saham IPO GoTo di situs e-ipo.co.id:

1. Tahap Registrasi

  • Lakukan registrasi di situs https://e-ipo.co.id.

  • Klik registrasi dan masukkan alamat email.

  • Isi tipe investor (individu atau institusi).

  • Isi data kamu sebagai investor.

  • Lakukan autentikasi melalui email yang terdaftar.

  • Masukkan kode OTP yang diberikan setelah klik tautan autentikasi di email.

  • Masukkan password untuk akun.

Pada tahap ini, Peserta Sistem dapat menolak pendaftaran Anda atau pelanggan lain jika ada ketidaksesuaian informasi. Jadi, Anda benar-benar perlu mengisi informasi yang ditunjukkan oleh identitas Anda!

2. Verifikasi oleh Broker

Tahap selanjutnya setelah registrasi adalah verifikasi oleh dealer. Hal ini dikarenakan semua permintaan registrasi yang diajukan ke broker harus melalui proses verifikasi data nasabah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik +Broker 8 dan pilih broker yang dituju.

  • Pilih registrasi Single Investor Identification (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE).

  • Jika belum punya SID/SRE, kamu bisa buka rekening di luar sistem oleh broker yang dituju.

Dalam hal ini, proses verifikasi informasi pelanggan dilakukan di luar sistem e-IPO oleh dealer. Akibatnya, sistem e-IPO tidak bisa tenang ketika verifikasi SID/SRE dilakukan oleh agen.

3. Memesan Saham GoTo

Setelah verifikasi, spesialis kemudian akan melakukan endorsement pada sistem e-IPO. Di sinilah Anda dapat mulai meminta saham GoTo. Tekniknya benar-benar mudah dan pragmatis. Silakan lihat ajudan di bawah ini:

  • Pilih saham IPO GoTo.

  • Klik “More Info” dan “Place Order”.

Di halaman ini, investor dapat melihat detail lebih lanjut tentang IPO. Anda juga dapat mengunduh prospektus atau data tambahan. Pertama, mempelajari prospektus dan risiko bisnis untuk membatasi kerugian saat bertransaksi saham IPO.

  • Isi form pemesanan, lalu klik Send.

  • Masukkan OTP untuk menyimpan pesanan.

Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, permintaan akan disimpan dan selanjutnya menunggu proses verifikasi permintaan. Selain itu, pastikan struktur permintaan diisi sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Jika investor mengklik Ya untuk pertanyaan, pemesan adalah pihak yang bermitra serta investor lain adalah pemilik yang berguna”, maka organisasi investor akan diklasifikasikan sebagai permintaan yang dihindari.

READ ALSO :   Berikut ini Tata Cara Salat Tarawih yang Dikerjakan Sendiri di Rumah

Saat ini, jika IPO yang diminta oversubscribed, struktur investor tidak akan mendapat alokasi. Kemudian lagi, jika IPO tidak oversubscribed, permintaan Anda dapat dikirim ke tahap porsi. Anda bisa melihat hasil pembagian saham pesanan IPO yang pernah ada.

2. Cara Beli Saham GoTo dengan Aplikasi IPOT

Selain melalui situs e-initial public offering, Anda juga dapat membeli saham melalui aplikasi IPOT. Langkahnya sedikit berbeda. Namun, teknik ini tidak sulit dan ditakdirkan untuk menjadi layak. Berikutnya adalah ajudan tentang cara membeli saham GoTo di aplikasi IPOT.

  • Download APK IPOT.

  • Pilih IPOT EZ, lalu pilih e-IPO.

  • Lakukan registrasi dengan isi alamat email dan nomor HP.

  • Masukkan kode OTP, foto e-KTP, dan lengkapi data.

  • Pilih saham GoTo.

  • Klik Order dan centang persetujuan syarat dan ketentuan.

  • Masukkan jumlah harga dan lot saham.

  • Swipe jika pesanan selesai.

Setelah melakukan request, Anda bisa cek My Order untuk melihat stock order. Jika permintaan Anda dibatalkan, Anda dapat memesan ulang pada proposisi publik.

Seperti cara mengatur di situs, Anda juga perlu membaca dengan teliti semua data yang harus Anda pahami. Salah satunya adalah prospektus awal yang menjadi tolak ukur agar Anda tidak kehilangan uang tunai saat berinvestasi.

Selain transaksi saham, aplikasi IPOT juga memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi aset bersama dan EFT dalam satu tahap. Layak, benar?

Untuk saham, ada berbagai fitur yang juga berguna. Misalnya, daftar saham, pasar, hingga perdagangan langsung. Anda juga bisa memantau pergerakan stok dengan lebih mudah.

Akhir Kata

Begitulah cara membeli saham GoTo yang baru saja dibuka ke dunia baru-baru ini. Mudah dan simpel, kan! Jika Anda dinamis dalam dunia investasi saham, Anda harus benar-benar membeli saham GoTo karena prospeknya super cepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.