Tips Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 24, Lengkap dengan Syarat & Jadwalnya!

Tips Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 24, Lengkap dengan Syarat & Jadwalnya!

Posted on

Tips Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 24, Lengkap dengan Syarat & Jadwalnya!anwarsigit.com – Siap-siap, pendaftaran Kartu Pra Kerja angkatan ke-24 telah dibuka, pagar betis. Jika Anda bingung bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja berbasis internet, baca artikel ini sampai selesai!

Ya, ingat bahwa ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mendaftar program administrasi ini.

Pertama, ada beberapa prasyarat yang benar-benar ingin Anda penuhi. Kedua, Anda juga harus lulus tes untuk mendapatkan kartu pra-bisnis dari Kementerian Tenaga Kerja Indonesia.

Meski terkesan dibingungkan, proses registrasi kartu prakerja sebenarnya mudah kok. Memang jika Anda masih bingung, berikut Jaka akan sesaat dan mudah mengklarifikasi bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja online Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) khusus untuk Anda.

Yuk, dengarkan sampai habis, ya!

Kapan Prakerja Gelombang 24 Dibuka?

Sebelum masuk ke pusat pembahasan, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu jadwal peluncuran program Kartu Prakerja ke-24, pagar betis.

Sehubungan dengan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah menyatakan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja ke-24 akan dibuka pada Kamis, 17 Maret 2022 mulai pukul 10.30 WIB di bagian pertama hari itu.

Untuk tahun 2022, pemerintah pusat sendiri telah menetapkan porsi 4,5 juta peserta yang akan dibagi menjadi beberapa gelombang. Untuk sementara, gelombang ke-24 akan dibuka untuk 300.000 ribu peserta.

Nah, agar tidak kehabisan share peserta, sebaiknya pahami dulu tata cara dan syarat pendaftaran Kartu Prakerja yang sudah Jaka atur di bawah ini.

READ ALSO :   Pengertian Mengenai Tawakal

Informasi dan Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Program Kartu Prakerja merupakan program peningkatan keterampilan kerja dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang difokuskan kepada para pencari kerja, terutama bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja.

Namun dalam jangka panjang dan dinamika perubahan keuangan, program ini juga berlaku bagi pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selain fresh graduate atau pencari kerja dan pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan keterampilan juga dapat mengikuti program ini.

Program Kartu Prakerja tidak hanya memberikan program peningkatan keterampilan. Badan publik juga menyediakan dana motivator, menambahkan hingga Rp. 2.400.000.

Dana akan dikirim ke catatan Anda perlahan-lahan di utara empat bulan. Jumlah yang masuk ke catatan Anda setiap bulan adalah Rp 600.000.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan motivator Kartu Pra Kerja sebesar Rp. 150.000 jika Anda menyelesaikan 3 survei penilaian setelah menyelesaikan persiapan. Menarik bukan?

Berikut rangkuman data lengkap cara daftar Kartu Prakerja 2022 berbasis web. Tonton sampai habis, jangan di skip ya!

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Online

Syarat pendaftaran Kartu Prakerja cukup mudah dan sederhana. Namun, perlu untuk fokus, sehingga Anda tidak mengisi beberapa yang tidak dapat diterima.

Sebelum Anda membuka situs Kartu Prakerja berbasis internet, ada beberapa syarat yang ingin Anda berikan terlebih dahulu.

  1. Menyiapkan Kartu Keluarga sebelum registrasi di situs tersebut. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

  2. Berusia paling rendah 18 tahun dan tidak tengah menempuh pendidikan formal.

  3. Membuktikan diri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) asli dengan menyertakan scan dari KTP asli. Selain itu, kamu harus lolos verifikasi data, seperti verifikasi email, nomor HP, Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK).

  4. Bukan penerima bantuan sosial dari Kemensos (DTKS), BSU, BPUM.

  5. Bukan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya.

  6. Calon/pekerja yang sedang mencari pekerjaan, terkena PHK, membutuhkan kompetensi kerja, pelaku UMKM.

  7. Menyelesaikan serangkaian tes motivasi dan kemampuan dasar.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24

Jika sudah memenuhi persyaratan diharapkan mendaftar Kartu Prakerja, seperti yang Jaka pahami sebelumnya. Kemudian Anda bisa membuka situs www.prakerja.go.id untuk mendaftar secara online program Kartu Prakerja.

READ ALSO :   Cara Download Video Youtube Menjadi Mp3 Tanpa Aplikasi

Perlu Anda ketahui, setelah memenuhi semua verifikasi informasi pribadi yang diharapkan untuk mendaftar di situs program Kartu Prakerja, Anda kemudian akan diminta untuk menjalani pemeriksaan berbasis internet.

Jadi luangkan waktu dan asosiasi web yang layak agar Anda dapat dengan lancar melewati tahap pendaftaran Kartu Prakerja berbasis web. Berikut langkah-langkah dan teknik totalnya:

  1. Masuk ke situs pendaftaran di www.prakerja.go.id, menggunakan perangkat HP milikmu.
  2. Klik tombol Daftar Sekarang di halaman muka website.

  3. Masukkan data diri berupa nama lengkap, email yang masih aktif, dan kata sandi baru.

  4. Beri centang pada kotak pernyataan persetujuan syarat dan ketentuan, kemudian klik Daftar.

  5. Cek verifikasi email dari Panitia Prakerja di kotak masuk email yang didaftarkan.

  6. Verifikasi KTP dengan log in melalui akun yang sudah didaftar pada situs tersebut. Verifikasi KTP ini hanya dapat dilakukan menggunakan perangkat HP.
  7. Lengkapi data diri dengan mengisi formulir pendaftaran berupa nama, email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan, dan unggah Foto KTP.
  8. Verifikasi nomor HP dengan memasukkan nomor telepon yang masih aktif, kemudian klik Kirim.
  9. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor yang kamu daftarkan.

  10. Verifikasi status pendidikan dan mulai Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

  11. Pilih Gelombang yang diinginkan disesuaikan domisili, lalu klik Gabung.

Akhir Kata

Nah itu tadi beberapa data dan penjelasan mengenai syarat dan cara daftar kartu pra kerja online serbuan 24th 2022, pak.

Pendaftaran program Pra-Kerja ini juga sangat mudah asalkan Anda benar-benar telah menyiapkan persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya.

Jika perlu, buatlah check list persyaratan pendaftaran sebelum masuk ke dashboard dan mendaftar program ini, OK? Tujuannya agar proses pendaftaran berjalan sesuai harapan tanpa kendala apapun.

READ ALSO :   Berikut Ini Informasi Produk Digital Bisnis Online

Sambil menunggu hasil tes atau lulus pendaftaran Kartu Prakerja berbasis internet, Anda bisa mencoba cara membuat blog dan menghasilkan uang dengan blog.

Namun jika Anda masih memiliki keinginan untuk tetap berusaha mendapatkan jalur pekerjaan baru dengan mengirimkan lamaran, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu cara membuat surat lamaran kerja tetap di artikel ini:

Apakah Anda merasa di masa pandemi ini program Kartu Prakerja sampai-sampai membantu para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja atau di-PHK? Sampaikan sudut pandangmu pada Jaka, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.