anwarsigit blog information

Tips Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, Bisa di HP Juga!

Tips Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, Bisa di HP Juga!

Tips Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, Bisa di HP Juga!anwarsigit.com – Bagaimana cara mengompres video tanpa mengurangi kualitasnya, apakah mungkin? Sejujurnya, di sini, Anda sudah berhenti di artikel Jaka. Kami akan membahas cara mengecilkan ukuran video dengan cepat dan mudah!

Ukuran dokumen video secara keseluruhan sangat besar dan hard drive akan cepat habis jika Anda ingin mengumpulkan film video atau serial TV.

Mengurangi ukuran video tidak selalu berarti menurunkan kualitas video. Anda juga dapat melakukan pekerjaan semacam ini tanpa mengurangi kualitas video sedikit pun.

Hal ini dimungkinkan berkat kecanggihan software yang ada, sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa setelah dikompresi kualitas gambar akan menurun drastis.

Dengan ajudan yang Jaka bagikan kali ini, Anda bisa lebih leluasa dalam menyimpan berbagai koleksi video favorit Anda tanpa harus pusing dengan hardisk yang penuh.

Teknik mengompres video tanpa mengurangi kualitas ini seharusnya juga bisa dilakukan di ponsel atau di laptop, dan keduanya harus bisa dengan mudah meski tanpa aplikasi lho!

1. Cara Kompres Video di HP Android

Cara pertama untuk mengompres video yang Jaka rekomendasikan adalah dengan menggunakan ponsel Android sebagai medianya. Apa kabar ajudan? Apakah itu benar-benar mungkin?

Berkat kecanggihan inovasi masa kini, ponsel Android memiliki opsi untuk melakukan berbagai macam pekerjaan canggih dan salah satunya adalah mengecilkan ukuran video.

Penasaran bagaimana cara mengompres video di ponsel Android? Berikut langkah-langkah lengkapnya.

  1. Download dan install APK Panda Video Compressor.
  2. Buka aplikasinya.

  3. Pilih video yang ingin dikecilkan ukurannya.

  4. Atur ukuran video yang kamu inginkan.

  5. Pilih menu Compress.

  6. Pilih menu Simpan untuk menyimpan video hasil kompres.

Itulah cara mudah dan cepat untuk kompres video di hp android menggunakan aplikasi Panda Video Compressor.

READ ALSO :   Ini Dia 4 Cara Mudah Keluar dari Grup WA Tanpa Ketahuan

Hebatnya lagi, aplikasi Panda Video Compressor ini akan memberi tahu Anda ketika hasil video yang telah Anda kompres. Keren, benar?

2. Cara Mengecilkan Ukuran Video di iPhone

Bukan hanya ponsel Android yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran video. HP iPhone juga mendukung elemen ini.

Cara mengecilkan ukuran video di iPhone tidak perlu escape dan lain-lain. Jadi, teknik ini sangat aman bagi Anda yang ingin mencobanya.

Berikut beberapa langkah cara kompres video di iPhone yang bisa Anda ikuti.

  1. Download dan install aplikasi VidCompress di App Store.

  2. Buka aplikasi.

  3. Pilih menu Compress.

  4. Pilih video yang akan dikompres.

  5. Tekan menu OK.

  6. Kamu pilih menu ikon Download di pojok kanan atas.

  7. Video sudah berhasil dikompres dan tersimpan otomatis di galeri.

Dalam aplikasi VidCompress Anda tidak diberikan keputusan tentang ukuran piksel atau kualitas video yang perlu Anda kompres. Aplikasi ini secara alami akan memampatkan video Anda sekitar 80% dari video pertama.

3. Cara Kompres Video di PC/Laptop Tanpa Aplikasi

Bagi pengguna PC, sebenarnya ada berbagai cara untuk mengecilkan ukuran video. Salah satu yang paling mudah adalah trik yang Jaka akan bahas disini.

Sebenarnya edit video ini juga bisa kamu lakukan di HP Android atau iPhone. Namun, agar lebih mudah dan cepat, Jaka menyarankan Anda melakukannya di Laptop/PC apa adanya.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lanjutkan dalam rangkaian cara kompres video online di PC tanpa menggunakan aplikasi apapun.

  1. Buka situs VideoSmaller (http://www.videosmaller.com/).

  2. Upload video yang ingin kamu kompres.

  3. Atur kualitas hasil pengkompresannya.

  4. Tekan tombol Upload Video.

  5. Klik link download file untuk menyimpan video hasil kompres.

Selesai! Video yang sudah dikompres akan langsung tersimpan di amplop penyimpanan. Gampang banget kan, gimana cara kompres video online kualitas bagus di atas?

READ ALSO :   Berikut Ini Google Indonesia Berbagi Tips Tingkatkan Keamanan Siber

4. Cara Kompres Video di PC/Laptop dengan Aplikasi

Selain menggunakan situs kompresi video di web, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak khusus untuk memperkecil ukuran video.

Anda bisa menggunakan software ini saat asosiasi web Anda buruk, dan Anda mengalami kesulitan mengakses situs yang Jaka rekomendasikan sebelumnya.

Meskipun agak effort, program editing yang satu ini jauh lebih fleksibel untuk digunakan dan proses pengerjaannya pun lebih cepat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download dan install aplikasi HandBrake.
  2. Buka aplikasinya.

  3. Klik opsi File pada Source Selection.

  4. Cari dan pilih video yang akan dikompres.

  5. Klik Open.

  6. Atur settingan sesuai gambar pada tab Video.

  7. Pilih dan atur folder penyimpanan file hasil kompres.

  8. Klik tombol Start Encode.

  9. Tunggu sampai proses selesai.

Jika video sudah berhasil dikompres maka akan muncul tulisan Queue Finished sebagai tanda bahwa proses encoding telah selesai.

Panjang istilah encoding video akan dipengaruhi oleh ukuran dokumen. Jadi, Anda harus bersabar jika video yang Anda kompres berukuran besar.u

Dari hasil pengujian yang Jaka lakukan, terlihat bahwa aplikasi HandBrake cukup ideal untuk mencoba mengecilkan ukuran video di laptop.

(BONUS) Rekomendasi Website Kompres Video

Ada beberapa situs terkenal yang dapat Anda gunakan untuk mengompres video. Teknik ini ditakdirkan untuk sangat sukses bagi Anda yang lesu untuk mengunduh aplikasi dan membuat ponsel Anda penuh.

1. YouCompress

Situs ini cukup terkenal dan digunakan sebagai sumber perspektif bagi individu yang perlu mengetahui cara mengompres video dengan cepat dan mudah.

Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan video yang ingin Anda perkecil ukurannya, lalu tunggu beberapa detik hingga proses kompresi berjalan lancar.

2. Video2Edit

Situs Video2Edit adalah situs kompresi video yang sepadan dengan usaha dan layak untuk Anda yang ingin mengurangi rekaman dengan cepat.

READ ALSO :   Berikut ini Tips Melihat Sertifikat Vaksin ke-3, Dengan Atau Tanpa Aplikasi

Strateginya kurang lebih sama dengan situs sejenis, dimulai dari memasukkan dokumen video ke dalam bagian yang diberikan, kemudian proses kompresi akan berjalan secara alami.

Jika Anda ingin mengetahui tentang situs atau aplikasi kompresi video terbaik dan tercepat, Anda dapat membaca artikel Jaka yang berjudul Aplikasi Kompres Video Terbaik di HP atau Anda dapat mengetuk standar di bawah ini.

7 Aplikasi Kompres Video Terbaik Di Handphone, Kualitas Video Tak Jauh Beda!

Mencari cara untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas? Simak daftar aplikasi kompresi video terbaik di ponsel Android di sini!

Akhir Kata

Itulah cara mengompresi video tanpa mengurangi kualitas di berbagai perangkat. Cara kompres video step nya gampang kan? Itu tidak membingungkan Anda, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.