anwarsigit blog information

Berikut Ini Mengenal Child Theme dan Cara Membuatnya

Berikut Ini Mengenal Child Theme dan Cara Membuatnya

Berikut Ini Mengenal Child Theme dan Cara Membuatnyaanwarsigit.com – Disini saya akan berbagi pengalaman tentang child theme, cara membuatnya dan cara menggunakannya juga. Jika Anda menggunakan tema gratis atau premium dan Anda perlu menyesuaikannya, tema anak sangat direkomendasikan dengan cara seperti itu.

Karena beberapa tema unggulan menyertai tema anak dan beberapa di antaranya harus dibuat sendiri. Tentunya untuk membuat child theme bukanlah sesuatu yang sulit, caranya mudah, ikuti saja postingan ini sampai habis. Sejak saat itu, Anda dapat membuat tema anak Anda sendiri hanya dalam beberapa saat.

Apa itu Child Theme?

Tema anak adalah tema yang mewarisi fungsionalitas dan gaya tema induknya. Tema anak adalah salah satu cara yang disarankan untuk memodifikasi tema yang ada tanpa kehilangan modifikasi saat Anda memperbarui tema. Child Theme sangat direkomendasikan ketika memodifikasi theme yang sudah ada, khususnya Parent Theme.

Misalnya: Jika Anda menggunakan nama tema WPBita dan jika Anda memiliki keinginan untuk mengubah desain, seperti menambah/menghilangkan beberapa fitur, disarankan untuk menggunakan tema anak. Dengan begitu Anda dapat mengedit kode tema induk, tetapi jika kode tema induk yang Anda edit ditambahkan atau dihilangkan, setelah pembaruan tema, setiap perubahan akan hilang.

Jadi jangan pernah mengedit kode tema induk secara langsung. Gunakan tema anak dalam kasus seperti itu. Jika semua perubahan dibuat menggunakan tema anak, Anda dapat menyegarkan tema induk dan itu tidak akan memengaruhi perubahan pada situs. Modifikasi yang Anda sebabkan akan tetap aman.

READ ALSO :   Tips Memilih Ikan Segar Dan Manfaat Ikan Untuk Kesehatan

Menyesuaikan Tema Induk melalui child theme

Jika Anda memiliki keinginan untuk mengubah desain atau fungsionalitas tema induk, Anda dapat menggunakan tema anak. Jika Anda sudah memiliki tema anak dalam paket tema unggulan Anda, pindahkan dua tema di Penampilan > Tema dan mulai tema anak.

Jika top notch theme yang Anda beli tidak memiliki child theme, tentunya Anda bisa membuat child theme dengan bantuan modul atau Anda bisa membuatnya secara fisik sebagai berikut.

Cara Membuat Child Theme

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuat tema anak Anda sendiri, Anda dapat menemukan berbagai plugin di repositori WordPress untuk membuat tema anak. Anda dapat menggunakan salah satu plugin yang tersedia untuk membuat tema anak. Di sini, saya akan menunjukkan cara membuat tema anak secara fisik.

Yang Anda lakukan adalah mencocokkan Parent Theme yang akan Anda jadikan sebagai child theme. Disini saya memilih untuk membuat Child Theme dari default theme WordPress Twenty-One. Dua file yang diharapkan untuk membuat child theme adalah style.css dan functions.php. Berikut langkah-langkah membuatnya:

1. Buat folder child theme terlebih dahulu. Nama folder harus berupa nama tema induk– dan nama child theme. Dalam hal ini, nama direktori harus twentytwentyone-child.

2. Sekarang buat file style.css di dalam folder tersebut dan tempel kode di bawah ini pada file style.css.

Catatan : Baris Template sesuai dengan nama dari direktori dari tema induk. Tema induk dalam contoh kita adalah twenty twenty one, jadi Templatenya adalah twenty twenty one. Pada posisi ini mungkin nama tema yang kamu gunakan akan berbeda, jadi sesuaikan. Template adalah nama direktori dari parent theme.

READ ALSO :   Tips Cara Membuat Vlog Di Youtube

Sekarang, saatnya membuat file functions.php. Buat file lain bernama functions.php dan tempel kode di bawah ini pada file itu.

4. Child theme sekarang sudah siap. Buat file zip dari direktori child theme itu dan unggah child theme di Tampilan> Tema > Tambah Baru > Unggah dan unggah file zip dan aktifkan tema itu. Pastikan, tema induk ada di direktori, jika tidak, child theme yang kamu buat tidak akan berfungsi.

Bagaimana cara modifikasi tema induk melalui child theme?

Jika kamu ingin melakukan modifikasi tema induk melalui child theme, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buat child theme. kamu dapat membuat child theme kamu sendiri dengan bantuan metode yang tadi dijelaskan diatas.
  2. Buat jalur direktori yang sama pada child theme seperti yang dimiliki tema induk. Jika kamu ingin menyesuaikan file `template-parts/content.php`, kamu perlu membuat jalur yang sama pada child theme. `template-parts/content.php` dan kamu dapat mengedit kode child theme. Cukup lakukan copy dan simpan pada direktori child theme. Akan tetapi setelah di copy kamu tidak diperbolehkan untuk menghapus file itu dari tema induk, jika tidak, tema tersebut akan error.
  3. Jika kamu perlu mengedit file lain, kamu dapat mengikuti proses yang sama seperti di atas.

Seperti yang ingin saya pikirkan, entri blog ini benar-benar membantu Anda membuat tema anak sendiri, memahami tema anak, dan cara mengubah tema induk melalui tema anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.