anwarsigit blog information

Cara Membuat Bolu Gulung Motif Batik agar Tampilannya Cantik

Cara Membuat Bolu Gulung Motif Batik agar Tampilannya Cantik

Cara Membuat Bolu Gulung Motif Batik agar Tampilannya Cantikanwarsigit.com – Di toko kue, ada banyak jenis spons yang ditawarkan. Salah satunya adalah gulungan.

Selain isian dan olesan, bolu gulung juga bisa dibuat dengan membuat motif pada permukaan bolu gulung.

Tentunya hal ini dapat membuat tampilan kue gulung menjadi lebih cantik dan menarik. Salah satu motif bolu gulung yang biasa digunakan adalah motif batik.

Berangkat dari buku “Sponge Roll Batik Baja dan Panggang” (2015) karya Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, selanjutnya adalah tips membuat kue bolu bermotif batik.

1. Siapkan loyang

Tips pertama membuat bolu gulung bermotif batik adalah dengan menyiapkan loyang. Anda bisa menggunakan panci dengan berbagai ukuran.

Di dalam buku yang juga memuat rumus pembuatan kue gulung batik ini menggunakan loyang ukuran 24x24x4 cm. Anda juga bisa menggunakan wajan dengan ukuran lebih besar agar kue mudah digulung. Olesi wajan dengan margarin.

2. Siapkan baking paper

Selain loyang, kamu juga perlu menyiapkan baking paper. Gunting baking paper dengan ukuran yang sesuai dengan loyang yang akan kamu gunakan.

3. Bentuk motif batik di atas kertas roti

Kamu bisa membentuk motif batik sesuai yang diinginkan di atas kertas roti. Kamu bisa menggunakan teknik menjiplak pola batik yang diinginkan. Seperti motif batik mega mendung, kawung, atau parang rusuk.

4. Kukus adonan bolu sebanyak dua kali

Cara membuat bolu gulung kukus motif batik, tahap selanjutnya adalah mengukusnya dua kali.

READ ALSO :   Cara Download Netflix MOD APK v8.22.0 Terbaru 2022, Streaming Gratis Sepuasnya!

Semprotkan adonan di atas diagram motif. Kukus selama lima menit atau sampai matang. Sejak saat itu, tuangkan kombinasi dasar spons selama 10 menit atau sampai matang.

Strategi ini perlu dilakukan agar motif pada spon menjadi apik dan indah.

5. Simpan dalam lemari es

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuat bolu kukus panas yang dirancang, Anda dapat menggunakan strategi ini agar motifnya sempurna.

Lapisi loyang dengan kertas roti. Buat motif derajat dengan campuran putih telur, tepung maizena, tepung terigu, gula pasir, susu cair, dan vanilla essence.

Kemudian isikan warna yang diinginkan untuk motif batik tersebut. Simpan di lemari es selama 10 menit.

Sejak saat itu, tuangkan campuran dasar spons dan siapkan selama 10 menit atau sampai matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.