anwarsigit blog information

4 Cara Hilangkan Bau Tanah Ikan Air Tawar

4 Cara Hilangkan Bau Tanah Ikan Air Tawar

4 Cara Hilangkan Bau Tanah Ikan Air Tawaranwarsigit.com – Selain ikan air laut, ikan air tawar juga sering digunakan dalam berbagai masakan di Indonesia. Namun, normal bagi ikan air tawar untuk mencium bau tanah atau lumpur.

Perlu dilacak cara yang benar untuk membuang bau tanah pada ikan air tawar. Mulai dari jam pembelian hingga proses memasaknya.

Sebelum mengolah ikan air tawar, baca dulu tips berikut ini.

1. Beli ikan air tawar yang masih hidup

Lebih baik membeli ikan air tawar saat masih hidup. Sebelum diolah, biarkan ikan tersebut berjalan selama beberapa hari tanpa dirawat.

Biarkan ikan tinggal di kompartemen yang berisi air di rumah. Strategi ini dapat membatasi bau daging ikan yang membumi.

Kita juga bisa melihat strategi ini di restoran ikan. Jika Anda fokus, itu normal untuk mengamati akuarium yang penuh dengan ikan di restoran. Ternyata, itulah salah satu cara agar ikan yang disajikan di sana tidak berbau lumpur.

2. Bersihkan insang dan isi perut ikan

Langkah pertama dalam proses memasak ikan adalah menghilangkan insang dan isi perut ikan. Ini harus dilakukan pada ikan segar dan ikan mati yang Anda beli.

Setelah membersihkan ikan, cuci ikan di bawah air mengalir. Lebih enak jika ikannya langsung dimasak. Namun, bisa juga disimpan pada suhu beku di dalam pendingin agar lebih tahan lama.

3. Jangan merusak empedu ikan

Empedu merupakan salah satu organ yang menyebabkan daging ikan berbau seperti lumpur. Empedu ikan terletak di sekitar insang dan isi perut. Organ ini juga harus dikeluarkan saat membersihkan perut ikan.

READ ALSO :   Spesifikasi Dan Tanggal Rilis Acer Spin 7

Pastikan saat membersihkan perut ikan, sarafnya tidak robek. Pasalnya, empedu yang hancur akan mengeluarkan cairan pahit dan bau yang bisa menurunkan cita rasa daging ikan.

Oleh karena itu, tahap pembersihan perut ikan harus dilakukan dengan hati-hati.

4. Rendam ikan dengan bumbu

Tips terakhir agar ikan tidak berbau lumpur adalah dengan merendam atau mengasinkan ikan dalam bumbu.

Formula bumbu sederhana yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau lumpur adalah kombinasi tepung maizena, putih telur, minyak wijen, bawang putih, dan minyak bawang merah.

Minyak bawang dapat diperoleh dari minyak yang digunakan untuk membakar bawang putih. Proses pengasinan ikan tidak membutuhkan waktu lama, cukup 5-10 menit saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.