anwarsigit blog information

Apa Arti Dari Marhaban Ya Ramadhan?

Apa Arti Dari Marhaban Ya Ramadhan?

Apa Arti Dari Marhaban Ya Ramadhan?anwarsigit.com – Beberapa hari lagi, seluruh umat Islam akan menyambut bulan penuh berkah Ramadhan 1443 Hijriah. Menjelang Ramadhan, orang biasa mengucapkan “Marhaban Ya Ramadhan”. Lalu apa yang dimaksud dengan Marhaban Ya Ramadhan? Lihat audit yang menyertainya.

Bulan Ramadhan yang penuh berkah merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh setiap Muslim di seluruh dunia.

Sebab, bulan ini adalah bulan yang memiliki banyak keutamaan dan pahala seperti seribu bulan. Salah satu amalan yang wajib dilakukan di bulan Ramadhan yang panjang adalah puasa.

Ketika Ramadhan panjang tiba, semua amal dan pahala akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup dan setan di neraka ditempel. Hal ini sebagaimana pernah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai berikut.

“Ketika Ramadhan datang, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan Setan berlabuh.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Arti Marhaban Ya Ramadhan

Tidak terlepas dari ibadah di bulan Ramadhan yang panjang, setiap umat Islam juga saling memberikan salam seperti “Marhaban Ya Ramadhan”.

Kata-kata Arab ini sering menghiasi spanduk, poster, dan media sosial sebagai bentuk undangan menyambut Ramadhan.

Setiap muslim bisa mengucapkan kata dalam bahasa Arab sebagai penanda panjangnya bentangan Ramadhan yang akan segera muncul.

Secara istilah Marhaban Ya Ramadhan adalah “Selamat datang di bentangan panjang Ramadhan”. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “marhaban” memiliki arti kata seru untuk menyambut atau menghormati penampilan tamu atau penyambutan.

READ ALSO :   Pengertian Majas Metonimia

Baca Juga: Apa Arti Dari Ramadhan Kareem? Ketahui Hukum Mengucapkannya

Kata Ramadhan mengacu pada bulan kesembilan dalam kalender Hijriah di mana semua Muslim diharapkan untuk berpuasa dan melakukan ritual lainnya selama rentang panjang Ramadhan.

Jadi, makna luas dari kata Marhaban Ya Ramadhan adalah “Selamat datang Ramadhan, kami mengundang Anda dengan mudah dan puas.

Maka wajar bila individu mengajak pada bulan Ramadhan yang penuh berkah untuk selalu bergembira dan menunjukkan kebaikan kepada mereka.

Itulah ulasan singkat tentang makna Marhaban Ya Ramadhan yang rutin diucapkan menjelang bulan Ramadhan. Idealnya audit di atas dapat membantu Anda dalam memahami makna Marhaban Ya Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.