anwarsigit blog information

Doa Terhindar dari Lapar Selama Puasa Ramadan Beserta Tips Dan Caranya

Doa Terhindar dari Lapar Selama Puasa Ramadan Beserta Tips Dan Caranya

Doa Terhindar dari Lapar Selama Puasa Ramadan Beserta Tips Dan Caranyaanwarsigit.com – Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi umat Islam selama sebulan penuh secara konsisten. Namun terkadang, dalam beberapa hari pertama melakukan ibadah ini, kondisi tubuh justru terasa sangat lemah sehingga tidak mampu menahan nafsu dan dahaga.

Meski begitu, ternyata Rasulullah SAW mengingatkan para kerabatnya untuk berhati-hati dan tidak meremehkan rasa lapar. Untuk itu simak beberapa doa pendamping dan tips agar kuat melawan rasa lapar saat berpuasa.

1. Doa berlindung dari rasa lapar

Terdapat beberapa doa yang bisa kamu panjatkan dengan tujuan menahan rasa lapar, yakni:

Allahumma ini audzubika minal ju’i fa innahu bi’sad dhaji’. Wa audzubika minal khiyanati fainnaha bi’satil bithanah.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari kelaparan, karena ia merusak lambung, dan aku berlindung kepadamu dari perbuatan khianat, karena ia merusak kepribadian.”

Alladzii khalaqanii fahuwa yahdiinii walladzii huwa yuth’imunii wayasqiinii

Artinya: “Allah, zat yang telah menciptakan aku, maka Dia-lah yang menunjukkanku dan Dia-lah yang memberi makan dan minumku.”

Baca juga : Doa Terhindar dari Hawa Lapar Selama Puasa Ramadan Beserta Tipsnya

2. Usahakan untuk makan sahur mendekati waktu imsak

Menyelesaikan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam, membuat tubuh harus mendapatkan nutrisi yang ideal agar tetap bugar. Oleh karena itu, makan sahur adalah bagian terpenting dari puasa.

READ ALSO :   Cara mencegah efek timbunan lemak jenuh pada tubuh saat puasa

Sedikit demi sedikit, cobalah untuk menyantap makanan sahur menjelang waktu imsak. Hal ini bertujuan untuk cepat menjauh dari perkembangan kerinduan lebih.

3. Menerapkan pola minum 2-4-2

Salah satu kunci untuk menahan rasa lapar adalah dengan mendapatkan konsumsi cairan yang cukup. Untuk itu, Anda bisa menerapkan desain minum 2-4-2. Caranya adalah dengan minum air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat makan malam.

4. Tidur yang cukup

Saat memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah, individu biasanya memiliki sedikit kesempatan untuk beristirahat. Hal ini karena kebanyakan dari mereka akan lebih fokus melakukan aktivitas sehari-hari sambil meningkatkan ibadah mereka di sekitar waktu malam.

Dengan demikian, agar puasa bisa berjalan sesuai harapan, tentunya Anda harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar tubuh tidak terlalu lapar dan tetap sehat.

5. Melakukan hal positif untuk mengalihkan rasa lapar

Tips terakhir yang bisa Anda coba adalah mengalihkan perhatian dari nafsu makan dan rasa haus. Caranya, coba bayangkan sesuatu yang menenangkan atau mengalihkan perhatian Anda dengan membaca buku, menonton film, atau melakukan hal-hal positif lainnya.

Anda juga bisa membaca dengan teliti doa-doa menahan nafsu makan dan dahaga yang telah dirujuk sebelumnya.

Itulah ajakan menahan lapar saat puasa dan tips agar badan tidak mudah haus. Silakan berlatih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.