anwarsigit blog information

Marhaban Ya Ramadhan Artinya Apa? Mengenal Kalimat yang Sering Diucapkan Ramadhan, Jangan Salah Paham!

Marhaban Ya Ramadhan Artinya Apa? Mengenal Kalimat yang Sering Diucapkan Ramadhan, Jangan Salah Paham!

Marhaban Ya Ramadhan Artinya Apa? Mengenal Kalimat yang Sering Diucapkan Ramadhan, Jangan Salah Paham!anwarsigit.com – Menjelang panjangnya Ramadhan kita akan sering mendengar ungkapan Marhaban Ya Ramadhan. Beberapa orang akan mengatakannya secara lugas atau melalui media sosial, papan reklame, spanduk atau bahkan melalui poster. Lalu apa yang dimaksud dengan Marhaban Ya Ramadhan?

Mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan saat memasuki bentangan panjang Ramadhan sudah menjadi kebiasaan. Periode Ramadhan juga disinggung sebagai bentangan panjang kecemerlangan. Sehingga umat Islam akan menyambutnya dengan kebahagiaan yang luar biasa karena banyaknya nikmat dan petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT. Sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan Marhaban Ya Ramadhan?

Hamparan panjang Ramadhan disebut juga sebagai bulan istimewa karena pertama kali Allah menurunkan kitab surgawi Al-Qur’an. Peristiwa tersebut dinamakan Nuzulul Quran, artinya peristiwa diturunkannya surah pertama dalam Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW ketika sedang berdakwah di gua Hira.

Selain itu, ada juga malam Lailatul Qadar yang dikatakan lebih baik dari malam seribu bulan. Bahkan Allah SWT menjanjikan umat Islam yang mendapatkan malam Lailatul Qadar akan diberikan hadiah seribu bulan dan pintu-pintu neraka akan ditutup olehnya.

Dengan melimpahnya keikhlasan dan keagungan selama bulan Ramadhan yang panjang, tak heran banyak orang berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya. Maka, ketika semakin dekat atau di tengah bentangan Ramadhan yang panjang mereka akan mengucapkan kalimat Marhaban Ya Ramadhan. Namun, masih banyak yang belum mengetahui pentingnya kalimat yang sering diucapkan tersebut. Untuk itu simak penjelasan tentang Marhaban Ya Ramadhan yang artinya bagi umat Islam.

READ ALSO :   Pengertian Konsumen Dalam Kamus Bahasa Indoneisa

Baca juga : Marhaban Ya Ramadhan Artinya Apa? Mengenal Kalimat yang Sering Diucapkan Jelang Bulan Ramadhan, Jangan Salah Paham!

Marhaban Ya Ramadhan Artinya 

Secara linguistik, arti penting kata Marhaban adalah panggilan atau permintaan untuk mengundang tamu. Sementara itu, Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah, di mana umat Islam akan berpuasa selama 1 bulan penuh. Jadi kalau ikut Marhaban Ya Ramadhan berarti selamat datang di bentangan panjang Ramadhan.

Marhaban Ya Ramadhan juga merupakan seruan untuk menghormati dan mengajak mendekatnya bulan yang penuh kecemerlangan atau masa Ramadhan. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang berasal dari bahasa Arab.

Dalam bahasa Arab, marhaban adalah bagian dari kata ‘rahb’ yang berarti ‘luas atau luas’. Sehingga Marhaban Ya Ramadhan menjadi semacam kelapangan dalam menoleransi atau mengundang datangnya masa Ramadhan.

Itulah alasan mengapa banyak orang mengucapkan kalimat ini ketika bentangan panjang Ramadhan tiba. Dengan kata-kata ini juga menandakan bahwa mereka ceria dan bersyukur karena Allah telah dipertemukan kembali dengan bentangan panjang Ramadhan. Karena yang pasti orang yang paling beruntung adalah orang yang bertemu dengan Ramadha.

Demikian klarifikasi Marhaban Ya Ramadhan, apa maknanya di sini? Kalimat-kalimat yang dilontarkan individu ketika umat Islam telah memasuki bentangan panjang Ramadhan. Semoga Allah selalu memberikan berkah dan rahmat-Nya, kepada kita semua di periode Ramadhan yang akan segera datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.