Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah, Arab dan Latin

Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah, Arab dan Latin

Posted on

Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah, Arab dan Latinanwarsigit.com – Tarawih memohon kepada Tuhan harus bisa dilakukan sendiri atau berjamaah sesuai dengan tujuannya, Tarawih memohon surga adalah doa sunnah khusus yang utama ada pada periode Ramadhan. Terlepas dari kenyataan bahwa itu adalah sunnah, shalat Tarawih dianjurkan dengan penuh semangat baik secara terpisah maupun dalam pertemuan di masjid.

Jumlah rakaat shalat tarawih lebih banyak dari shalat sunnah lainnya. Ada yang mengerjakan delapan rakaat dengan empat salam, ada pula yang 20 rakaat dengan 10 salam. Kemudian tambahkan tiga rakaat doa witir.

Dikutip dari buku Qiyamul Lail dan Ramadhan karya Isnan Ansory, disebutkan bahwa harapan tarawih permohonan kepada Allah dilakukan setiap dua rakaat doa tarawih. Imam an-Nawawi mengatakan dalam bukunya, al-Majmu’ Syarah al-Muhadzzab:

“Tidak sah shalat Tarawih dilakukan dengan tujuan mutlak meminta sunnah, tetapi harus disertai dengan permohonan sunnah Tarawih atau Tarawih atau Qiyam Ramadhan. Terlebih lagi, itu juga dimaksudkan untuk setiap dua rakaat. ah shalat tarawih.” Selanjutnya adalah pembacaan tujuan untuk berdoa tarawih sendiri dan berjamaah.

Baca juga : Berikut Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah, Arab dan Latinnya 

Niat sholat tarawih sebagai imam: 

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblata adaan imaman lillahi ta’la (Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat secara langsung sebagai imam karena Allah SWT).

READ ALSO :   Cara Hilangkan Lendir Lele Sebelum Dimasak

Niat sholat Tarawih sebagai makmum:  

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaan ma’muman lillahi ta’la (Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat secara langsung sebagai makmum karena Allah SWT).

Niat sholat tarawih sendiri (munfarid): 

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى Usholli sunnatat tarawihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala. (Saya niat Salat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT)

Leave a Reply

Your email address will not be published.