anwarsigit blog information

Ramadan Mubarak Artinya Apa? Berikut Penjelasan Dan Pengertiannya!

Ramadan Mubarak Artinya Apa? Berikut Penjelasan Dan Pengertiannya!

Ramadan Mubarak Artinya Apa? Berikut Penjelasan Dan Pengertiannya!anwarsigit.com – Hamparan panjang Ramadhan akan menjadi bulan yang sarat dengan berkah dan keagungan, serta memperbanyak amal dan ibadah. Di bulan ini pula, umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan.

Dalam kegembiraan umat Islam menyambut bulan surga, ada berbagai salam yang disampaikan kepada teman dan keluarga. Ungkapan ‘Ramadhan Mubarak’ yang semakin umum terdengar menjelang bulan puasa, sebenarnya mengandung doa dan amanah.

Tapi, apakah Anda setidaknya tahu apa arti Ramadhan Mubarak dan bagaimana menggunakannya? Simak artikel ini agar tidak ketinggalan intinya, ya!

Bacajuga : Ramadan Mubarak Artinya Apa? 

1. Arti Ramadan Mubarak

Ramadhan Mubarak berarti Ramadhan yang diberkati atau Ramadhan yang diberkati. Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah karena di bulan ini Allah mewajibkan umat Islam untuk berpuasa, dimana pintu surga dibuka lebar-lebar sedangkan pintu neraka tertutup rapat.

Ramadhan juga merupakan bulan yang penuh dengan keagungan karena pada bulan itu diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan petunjuk bagi umat manusia. Bulan yang sarat dengan kemurahan hati ini merupakan kesempatan yang sempurna bagi umat Islam untuk bertaubat dan memohon ampunan dari Allah.

Dengan demikian, ungkapan ‘Ramadhan Mubarak’ menjadi sebuah permintaan atau amanah agar individu yang berpuasa dilimpahkan berkah oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits yang dijelaskan oleh Ahmad di bawah ini:

“Ramadhan telah datang kepadamu, masa mubarak (bulan yang diberkahi). Allah telah mewajibkanmu untuk berpuasa padanya. Pintu surga dibuka untuknya. Pintu-pintu Jahim (Neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu .Di dalamnya ada malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barang siapa yang terhalangi dari mengerjakan sesuatu yang bermanfaat, maka pasti dia terhalang.” (HR. Ahmad, Shahih).

2. Ucapan Ramadan yang lainnya

Tak hanya Ramadhan Mubarak, untuk mengajak bentangan panjang Ramadhan, umat Islam juga kerap mengucapkan ‘Ramadhan Kareem’ atau ‘Marhaban ya Ramadhan’. Nah, sudah tahu kan apa maksud dari kedua kalimat tersebut?

READ ALSO :   Spesifikasi Lengkap Ponsel Realme 9I Indonesia Terbaru 2022

Ramadhan kareem atau Ramadhn karim berarti Ramadhan yang murah hati atau Ramadhan yang murah hati. Ada banyak diskusi dalam penggunaan kalimat ini karena kedermawanan datangnya dari Allah bukan dari Ramadhan.

Ada juga yang mengucapkan kalimat ‘Marhaban Ya Ramadhan’ yang diambil dari kata raheb yang artinya luas atau luas. Kalimat ini digunakan untuk mengundang periode Ramadhan sebagai tamu yang ditunggu-tunggu dengan kesenangan dan keindahan yang luar biasa.

3. Contoh ucapan menyambut Ramadan

Kurang ajar rasanya mengundang masa Ramadhan tanpa memohon dan mengirimkan kata-kata gembira kepada teman dan keluarga. Berikut beberapa ucapan selamat menyambut Ramadhan panjang yang bisa dibagikan kepada siapa saja:

  1. Ramadhan mubarak, semoga Allah melimpahkan berkah kepadamu.
  2. Semoga pada bulan yang suci ini, Allah curahkan rahmat dan hidayah kepada kita semua. Ramadan mubarak.
  3. Ramadan mubarak untuk kita semua, semoga Allah mengampuni dosa kita dan menuntun kita untuk menjalani bulan suci dengan penuh lapang dada.

Itulah beberapa hal yang ingin Anda sadari dari Ramadhan Mubarak sebagai doa dan salam di bentangan panjang Ramadhan. Anda bisa berbagi berbagai ucapan untuk membumbui bulan suci ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.