anwarsigit blog information

Inilah Pegertian Membran Sel

Inilah Pegertian Membran Sel

Inilah Pegertian Membran Selanwarsigit.com – Lapisan sel atau lapisan plasma adalah struktur lapisan tipis yang mengelilingi sel yang membatasi keberadaan sel, sekaligus menjaga perbedaan mendasar antara isi sel dan lingkungannya.

Namun, film sel adalah isolator pasif, tetapi juga saluran yang memiliki kemampuan untuk memilih bahan yang melewati sambil menjaga perbedaan tingkat partikel di luar dan di dalam sel. Bahan yang dibutuhkan oleh sel dapat masuk, sedangkan bahan yang merupakan limbah sel dapat keluar dari sel.

(Membran Sel) Penyempurnaan susunan lapisan sel merupakan tahap penting dalam hal bentuk kehidupan paling awal. Tanpa film sel, sel dapat melanjutkan hidupnya.

Semua membran organisme hidup, termasuk lapisan sel dan lapisan dalam sel eukariotik, memiliki struktur umum yang sama, terdiri dari kumpulan molekul lipid dan protein yang diperkuat secara non-kovalen.

Struktur Membran Sel / Membran Plasma

Mendahului keberhasilan isolasi membran sel, sebagian besar teori tentang struktur membran sel didasarkan pada informasi yang diperoleh secara tidak langsung.

Misalnya, pada tahun 1902 Overton mengajukan teori bahwa lapisan sel adalah lapisan tipis lipid, karena cara zat larut lemak dapat menyusup ke lapisan sel.

Sementara itu, dari beberapa sifat membran sel lainnya, Danielli mengusulkan bahwa lapisan sel terdiri dari lapisan lipid dua kali lipat yang diapit oleh lapisan protein di kedua sisinya.

Sebelum teori membran sel dikemukakan oleh Singer dan Nicolson pada tahun 1972, teori tentang struktur membran sel dapat diringkas dalam 3 kelompok.

  1. Teori lembaran (Leaflet theory), yang pada dasarnya menyatakan bahwa membran sel tersusun oleh lapisan-lapisan.
  2. Teori bola-bola (globular theory), menyatakan bahwa komponen lipid-protein berbentuk sebagai bola-bola yang tersusun membentuk lembaran.
  3. Teori dinamis, yang menyatakan bahwa struktur membran sel dapat berbentuk lembaran berlapis dan dapat berubah menjadi susunan bola-bola mengikuti keadaan dan kebutuhan.

Penyusun Membran Sel 

(Membran Sel) Bukti pertama yang menunjukkan bahwa membran sel organisme hidup terdiri dari molekul lipid dalam dua lapisan berasal dari percobaan yang dilakukan pada tahun 1925.

Lipid yang dipisahkan dengan CH3)2CO dari membran trombosit merah yang terlibat oleh lapisan molekul lipid memiliki luas dua kali permukaan trombosit merah.

READ ALSO :   Manajemen Sumber Daya Manusia - Definisi, Model, Fungsi, Pendekatan, Tugas, Pakar

Kesimpulan dari eksperimen ini sangat mempengaruhi gagasan ilmu sel pada saat itu, sehingga sebagian besar model struktur film sel berdasarkan asumsi bahwa mereka terdiri dari molekul lipid dalam dua lapisan diakui jauh sebelum struktur sebenarnya dapat dipastikan.

(Membran Sel) Studi lebih lanjut dengan difraksi sinar-X pada berbagai membran organisme hidup menunjukkan bahwa molekul lipid tersusun dalam dua lapisan.

Kesimpulan ini juga didukung oleh cara film telepon dapat dengan tepat dibelah melalui bidang tengahnya menjadi dua lembar lapisan tunggal, jika film sel dibekukan terlebih dahulu.

(Membran Sel) Susunan molekul lipid dalam dua lapisan ini karena sifat khusus dari molekul lipid itu sendiri. Atom fosfolipid terdiri dari dua bagian; bagian hidrofilik dekat dengan air dan bagian hidrofobik jauh dari air.

Untuk melindungi bagian hidrofobik yang bersentuhan dengan air, dua lapisan dibingkai, sehingga bagian hidrofilik terkena air.

Molekul lipid sebenarnya tidak larut dalam air, tetapi dapat larut dalam berbagai pelarut alami. Dari bagian lapisan lipid sel makhluk hidup dengan luas 1 mikrometer kali 1 mikrometer, sebanyak 5 x 10 hingga gaya keenam molekul lipid atau sebanyak 10 hingga gaya 6 molekul diperoleh jika diambil dari seluruh permukaan sel.

Molekul lipid dari lapisan sel terdiri dari 3 jenis, khususnya:

  1. Fosfolipid, yang terbanyak
  2. Kolesterol
  3. Glikolipid

(Membran Sel) Ketiga jenis lipid bersifat amfipotik, yang menyiratkan bahwa atom memiliki ujung hidrofobik atau nonpolar (jauh dari air) dan ujung hidrofilik atau polar (memuja air).

Molekul fosfolipid digambarkan memiliki kepala (ujung kutub) dan dua ekor (ujung nonpolar).

(Membran Sel) Bentuk ekor berasal dari 2 molekul lemak tak jenuh yang menempel pada partikel gliserol dengan 3 karbon dan bentuk kepala berasal dari ikatan atom dengan korosif fosfat.

Panjang ekornya bervariasi dari 14-24 atom karbon, biasanya salah satunya berasal dari kumpulan lemak jenuh tak jenuh, sedangkan ekor lainnya berasal dari kumpulan lemak tak jenuh.

Adanya kewajiban rangkap dua dari karbon iota menyebabkan rantai gugus lemak tidak jenuh menjadi bengkok.

Protein Membran Sel

(Membran Sel) Jika molekul lipid yang menyusun kedua lapisan tersebut merupakan struktur dasar dari lapisan sel, maka dalam sistem tersebut terdapat jenis molekul lain, tepatnya berbagai jenis molekul protein.

READ ALSO :   Harga Dan Spesifikasi Terbaru Hp Realme 9 Pro

Hubungan antara molekul protein dan molekul lipid dapat diukur hingga molekul protein dalam pelarut, khususnya molekul protein dalam lapisan sel yang seolah-olah “terendam” dalam molekul lipid yang berukuran 2 dimensi.

(Membran Sel) Adanya molekul protein dari berbagai jenis dan berat sub-atom dalam lapisan sel memberikan sifat yang berbeda dan kemampuan yang berguna dari setiap sel.

Molekul protein dapat bekerja sebagai enzim, reseptor, penanda, kendaraan pengangkut melalui membran dan lain-lain.

Ketika lapisan sel eritrosit dipisahkan, seseorang dapat membedakan keberadaan tidak kurang dari 3 jenis protein khususnya: spektrin, glikoforin dan “pita III”.

Ketiga jenis protein tersebut merupakan 60% dari berbagai protein, yang paling jelas karena merupakan 30% dari protein lengkap, tetapi spektrin sebenarnya bukan protein yang ada dalam membran sel.

Spektrin bukan bagian dari film sel, karena berada di luar lapisan sel. Seperti halnya molekul lipid dalam dua lapisan yang dapat bergerak ke samping, molekul protein ini juga dapat ditunjukkan untuk bergerak tanpa hambatan dalam lapisan sel, tanpa mengubah posisinya dalam dua lapisan.

(Membran Sel) Beberapa jenis protein film dapat dibedakan berdasarkan hubungan dan posisinya terhadap dua lapisan atom lipid.

  1. Molekul protein menembus kedua lapisan molekul lipid, sehingga ujung-ujung molekul dapat menonjol pada kedua permukaan membran sel.
  2. Sebagian dari molekul protein terdapat diantara molekul lipid dari bagian dua lapisan, ujung molekul protein menonjol pada salah satu permukaan membran sel.
  3. Sebagian molekul protein berikatan secara kovalen dengan molekul lipid sebagian ujung molekul protein menonjol pada permukaan membran sel.
  4. Molekul protein berada pada permukaan membran sel, tetapi terikat dengan perantaraan molekul protein lain.

Molekul Karbohidrat Membran Sel

(Membran Sel) Semua sel eukariotik memiliki karbohidrat pada permukaannya yang sebagian besar sebagai rantai oligosakarida yang terikat pada lapisan protein (glikoprotein) dan sebagian kecil terikat pada lipid (glikolipid).

Sebagian besar protein film yang seharusnya terlihat pada permukaan film sel diingat untuk mengikat gugus gula, sementara kurang dari 1/10 partikel lipid dari lapisan luar lipid mengikat karbohidrat.

Selain itu, setiap glikoprotein memiliki berbagai rantai cabang oligosakarida, tetapi sekali lagi, setiap partikel glikolipid hanya memiliki satu rantai bercabang.

Pada umumnya, proporsi karbohidrat dalam membran sel berkisar antara 2% -10% dari berat film.

READ ALSO :   Ini Dia Pengertian Asimetri – Tipe, Adverse Selection, Moral Hazard, Penjelasan, Para Ahli

Di semua membran sel organisme hidup, molekul gula selalu berada di permukaan lapisan sel yang tidak bersentuhan dengan sitoplasma.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab bentuk sel film yang tidak simetris yang dibingkai dari dua lapisan lipid.

(Membran Sel) Kehadiran molekul karbohidrat yang berlebihan di beberapa sel eukariotik memberikan ungkapan khusus, serta selubung sel atau glikokaliks.

Amplop sel ini kadang-kadang mudah ditunjukkan dalam mikroskop cahaya dengan noda khusus.

Apa pentingnya molekul karbohidrat pada permukaan sel (film sel)? Dari lebih dari 100 jenis monosakarida yang ditemukan di alam, hanya 3 yang ditemukan dalam molekul glikoprotein dan glikolipid film.

Monosakarida dasar adalah galaktosa, manosa, fukosa, galaktosamin, glukosamin, glukosa, dan sialic korosif.

(Membran Sel) Kapasitas oligosakarida rantai cabang dalam glikolipid dan glikoprotein membran sel tidak terlalu jelas.

Ada kemungkinan bahwa kelompok oligosakarida dari film membantu untuk menahan molekul protein secara kokoh di lapisan sel dan berperan dalam menstabilkan struktur protein.

(Membran Sel) Kompleksitas beberapa oligosakarida dalam glikoprotein dan glikolipid membran sel yang terpapar ke permukaan sel, menunjukkan bahwa mereka berperan penting dalam proses pengenalan dalam korespondensi sel-ke-sel. Ini jelas ditemukan di sel-sel yang terlibat dengan sistem yang aman.

Mantel sel

(Membran Sel) Sebagaimana diketahui bahwa sel tumbuhan selalu dikelilingi oleh dinding sel tebal yang terutama terdiri dari selulosa, yang juga merupakan partikel gula.

Awalnya diyakini bahwa perbedaan utama antara sel makhluk dan sel tumbuhan terletak pada ada atau tidak adanya selubung gula di sekitar sel.

Namun, dengan kemajuan teknik mikroskop elektron, ternyata di luar film sel makhluk masih ada selubung sel yang terdiri dari molekul pati, tetapi tidak seperti selulosa seperti sel tumbuhan.

Demikian artikel dari anwarsigit.com tentang Pengertian Membran Sel : Struktur, Senyawa, Protein, Molekul Karbohidrat dan Selubungnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.