Ini Penjelasan & Cara Menggunakannya Etherscan

Ini Penjelasan & Cara Menggunakannya Etherscan

Posted on

Ini Penjelasan & Cara Menggunakannya Etherscananwarsigit.com – Transparansi adalah yang paling penting dalam transaksi NFT (Non-Fungible Token) di blockchain, termasuk Ethereum. Untuk memantau transaksi di blockchain ini, Anda bisa menggunakan Etherscan.

Investasi aset kripto seperti NFT pasti dipuja. Anda dapat dengan mudah melacak koleksi NFT di berbagai blockchain seperti Ethereum yang merupakan salah satu blockchain terbesar di planet ini.

Setiap transaksi di Ethereum juga transparan sehingga Anda dapat memverifikasi transaksi, melihat riwayat transaksi, dan beberapa lainnya. Namun, untuk melakukannya, Anda memerlukan peralatan yang disebut Etherscan.

Jadi, bagaimana Anda menggunakan Etherscan untuk mengikuti transaksi di Ethereum? Diam! Kali ini JalanTikus akan menjelaskan apa itu Etherscan dan bagaimana menggunakannya. Cek di bawah, ya!

Mengenal Apa Itu Etherscan

Etherscan adalah perangkat untuk melihat semua transaksi dan kontrak pintar di blockchain Ethereum. Sederhananya, Etherscan mirip dengan mesin pencari Google, tetapi di dunia blockchain.

Tahap ini disebut square voyager yang berfungsi sebagai search motor untuk menemukan transaksi di blockchain Ethereum. Kapasitas lainnya adalah untuk membantu pedagang berinteraksi dengan kontrak pintar dan membedakan aktivitas yang mencurigakan.

Cara Kerja Etherscan

Pada dasarnya, cara kerja Etherscan adalah dengan mengikuti setiap transaksi di blockchain Ethereum, memesan data, dan membuat setiap informasi tersedia di situs sehingga dapat diakses oleh semua pengguna.

Menggunakan Etherscan, Anda dapat memahami dengan tepat bagaimana berkolaborasi dengan blockchain, dompet lain, dan DApps. Pengetahuan ini juga dapat membantu Anda tetap aman dan melacak cara berperilaku yang mencurigakan.

READ ALSO :   Cara Download Aplikasi CapCut Pro MOD APK v5.3.0 Terbaru 2022, No Watermark!

Cara Menggunakan Etherscan

Etherscan.io adalah panggung gratis yang dibuat oleh komunitas dengan tujuan membuat Ethereum lebih mudah diakses. Situs ini independen dan tidak sedikit pun dikelola oleh Ethereum Foundation.

Pada tahap ini, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan kontrak pintar untuk melakukan transaksi, memeriksa biaya gas, dan mencari crypto airdrops melalui Etherscan.

Untuk menggunakan Etherscan, Anda memerlukan alamat dompet, ID transaksi (TXID), alamat kontrak, atau pengenal lain untuk ditempelkan ke kolom pencarian. Data yang muncul akan cocok dengan pencarian Anda.

Memang buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menggunakan Etherscan, JalanTikus akan menjelaskan berbagai tutorial pada stage Etherscan. Agar lebih jelas, lihat latihan instruksional di bawah ini!

Cara Mencari Transaksi di Etherscan

Seperti yang Jaka periksa sebelumnya, Etherscan dapat mengikuti transaksi kripto dengan berbagai jenis aset yang diperdagangkan. Untuk melihat transaksi pribadi di Etherscan, ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Buka situs Etherscan.io.

Susun ulang ID transaksi (TXID) ke dalam bidang kueri. Tekan simbol pencarian.

Semua detail transaksi akan ditampilkan seperti pada gambar berikut:

Di bagian bawah halaman, Anda dapat melihat semua transaksi yang terhubung dengan alamat tersebut. Ini berarti Anda dapat melihat token dan koin kripto apa yang masuk dan keluar dari dompet yang terdaftar.

Cara Mencari Smart Contract di Etherscan

Untuk menambahkan token lain ke dompet crypto Anda, Anda benar-benar ingin mengamati alamat perjanjian token. Anda dapat melacaknya di CoinMarketCap, situs web otoritas, atau di Etherscan dengan mengklik di sini.

Selalu pastikan bahwa Anda memasukkan alamat perjanjian yang benar dengan memeriksanya berulang kali menggunakan situs yang dirujuk sebelumnya. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya di bawah ini!

READ ALSO :   Berikut 8 Rekomendasi Bisnis Online yang Sangat Menjanjikan

Dalam latihan instruksional ini, JalanTikus akan menyelidiki token Uniswap ERC-20 di Ethereum:

Susun ulang alamat perjanjian ke dalam bidang pencarian.
Anda akan segera melihat detail sehubungan dengan keseimbangan antara perjanjian dan data umum lainnya yang terhubung dengan perjanjian token Uniswap (UNI).
Di pangkalan ada lebih banyak detail, termasuk transaksi, komentar, dan perjanjian pintar itu sendiri.
Klik Kontrak untuk melihat opsi kerjasama yang tersedia dan membaca aturan Uniswap.

Klik Baca Kontrak untuk menampilkan data kesepakatan umum.

Pilih Tulis Kontrak untuk langsung berinteraksi dengan perjanjian.

Tekan Hubungkan ke Web3 untuk berinteraksi dengan dompet kripto seperti MetaMask dan bekerja sama dengan kontrak.

Pilih Transfer untuk mentransfer token perjanjian terkait dari dompet yang terhubung.

Sejujurnya, beberapa fitur di atas jarang digunakan oleh para trader. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui di mana letak tombol tersebut jika Anda memang ingin mengakses dana yang tersimpan dalam smart agreement.

Cara Mengetahui Gas Fee dengan Etherscan

Ingat harga gas atau biaya gas saat bertransaksi di Ethereum dan blockchain apa pun. Setiap blockchain memiliki biaya yang berbeda dan dapat berubah tergantung pada blockchain itu sendiri.

Di Ethereum, biaya gas selalu bervariasi secara drastis karena lalu lintas organisasi yang tinggi. Untuk menghindari biaya gas yang tinggi, pastikan Anda memeriksa secara rutin dan memastikan biaya gas yang sesuai.

Situs Etherscan akan menampilkan biaya gas yang sedang berlangsung dalam Gwei dan USD. Klik pada biaya dan Anda akan dialihkan ke halaman Ethereum Gas Tracker, atau snap More untuk melihat biaya gas yang berbeda pada waktu yang berbeda.

Akhir Kata

Demikian penjelasan lengkap tentang apa itu Etherscan dan bagaimana cara menggunakan Etherscan. Melalui tahap ini, Anda dapat dengan mudah mengikuti riwayat transaksi yang dilakukan di blockchain Ethereum.

READ ALSO :   Tips dan Trik Menggunakan Pemutih Tanpa Merusak Pakaian Kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published.