Tips Cara Membuat Vlog Di Youtube

Tips Cara Membuat Vlog Di Youtube

Posted on

anwarsigit.com – Membuat Vlog di Youtube sepertinya bukan hal yang asing lagi di Indonesia, banyak Youtuber Indonesia yang sengaja secara konsisten membuat dan mentransfer Vlognya ke Youtube. Tak jarang video-video Vlog dari Youtuber Indonesia dikenang karena video-video trending diikuti oleh video-video terkenal lainnya.

Berita tentang gaji tertinggi para YouTuber dan perbedaan fantastis yang mereka dapatkan, membuat banyak orang di Indonesia perlu memulai karir mereka di Youtube dan membuat Vlog. Sayangnya di Indonesia sendiri masih ada beberapa artikel atau tutorial yang menjelaskan cara membuat video blog di YouTube.

Saat ini dalam artikel ini, NGELAG.com akan menjelaskan sedetail dan sejelas mungkin jawaban atas pertanyaan Anda yang berbunyi: “Bagaimana Anda membuat blog video di YouTube dan menjadi YouTuber terkenal?”

Buat kamu yang kebetulan masuk ke artikel ini dan masih bingung apa itu Vlog, berikut klarifikasinya.

Vlog Itu Apa ?

Video blog merupakan kependekan dari Video Blog atau bisa juga diartikan sebagai Blog sebagai Video. Vlog biasanya merekam kegiatan seseorang atau berisi diskusi tentang topik tertentu. Vlog saat ini lebih identik dengan youtube, travel vloger dan motovlog adalah 2 topik yang paling terkenal dan sering digunakan oleh youtuber dalam membuat video blog.

Jadi jika entri blog biasanya menjelaskan dan membahas topik tertentu melalui serangkaian tulisan, gambar, dan file media interaktif lainnya, sedangkan blog video menjelaskan atau membahas topik tertentu melalui rekaman percakapan dan video ditambah file penglihatan dan suara pendukung lainnya seperti musik. dan gambar.

Tips Cara Membuat Vlog Di Youtube

5 Langkah Mudah Cara Membuat Vlog Yang Cepat Populer

Langkah pertama ,

Buat Dulu Akun Youtube dan Channel Youtubenya

Modal awal untuk jadi youtuber ya membuat akun dan sebuah channel dengan nama unik dan menarik di Youtube .

Caranya ?
Cara Membuat Channel Youtube Yang Terkenal

Langkah kedua ,

Persiapan Membuat Vlog

Gunakan kamera yang layak untuk merekam Vlog, pada dasarnya kamera dengan resolusi video 720p, tetapi jika Anda dapat menggunakan kamera 1080p agar kualitas blog video meningkat.

READ ALSO :   Sebutkan Sifat Sifat Bunyi

Kamera apa yang cocok untuk vlog ?

Ada yang bilang untuk membuat Vlog kita sangat menginginkan kamera sekelas DSLR, tapi sebenarnya dengan kamera murah dan pencahayaan yang bagus, Vlog akan tetap terlihat profesional dan enak untuk ditonton.

Juga fokus pada kualitas suara vlog Anda, jika corong yang melekat pada kamera tidak menghasilkan suara terbaik, Anda dapat menggunakan amplifier luar yang tidak terlalu mahal. Anda juga bisa menggunakan receiver di smartphone Anda jika hasilnya lebih jernih dari suara yang disampaikan oleh kamera.

Vlog tentang apa yang harus saya buat ?

Jawabannya tergantung pada apa yang perlu Anda capai. Jika Anda hanya memiliki keinginan untuk mentransfer video blog ke YouTube, silakan transfer video kehidupan sehari-hari Anda dari bangun ke tidur sekali lagi, tetapi kemungkinan besar video Anda tidak akan terkenal, cukup 2 atau 3 orang saja yang menontonnya hehe.

Jika Anda ingin blog video Anda dikenal dan ditonton banyak orang, alihkan video blog menggunakan salah satu dari 13 topik video youtube yang disukai masyarakat umum.

Tapi saya gak ada passion di ke 13 bidang tersebut ? 

Jika ya, silakan buat Vlog dengan topik yang Anda buat sendiri, tapi ingat! Jangan pernah meniru Vlog YouTuber ternama, youtuber terkenal sering kali mentransfer Vlog dengan topik yang tidak penting tetapi memiliki banyak pemirsa, ini karena pemirsa tidak merenungkan topik video blog tetapi siapa yang membuat video blog.

Nah, jika Anda sudah memiliki kamera yang layak, topik yang ingin Anda angkat dan perangkat pendukung lainnya, maka lanjutkan ke tahap berikutnya.

Langkah ketiga ,

Buat Vlog Pertamamu

Jangan banyak basa-basi 

Misalnya, jika Anda perlu membuat blog video tur, sebagai saluran youtube baru, jangan terlalu lama berbicara buruk, karena itu akan meningkatkan kecepatan video kami.

Jauhi intro atau perkenalan yang terlalu panjang, misalnya, “Selamat datang di channel Ngevlog, channel ini adalah channel yang khusus mengunggah vlog-vlog bagus tentang apa saja yang bisa direkam, kali ini saya harus ke Bandung dan menyelidiki rahasia alamnya. luar biasa,…. Sembari meneriakkan halo warga bandung apa kabar? ingatlah untuk subscribe, like share, tonton video lainnya dan kunjungi website kami agar saya bisa kaya raya dan meraup banyak uang”

Sebenarnya kita bisa membuat judul video dengan kalimat-kalimat yang menarik sehingga orang-orang akan tahu tentang apa video blog itu tanpa harus terlalu jauh memahaminya. Menjelang awal video, buka saja sebentar “Salam gissa, hari ini saya harus pergi ke Bandung dan menyelidiki keindahan alamnya”… . sedangkan motor mesin mansin.

READ ALSO :   Berikut ini Mobil Harga di Bawah Rp 250 Juta dan LCGC Kembali Dapat Diskon PPnBM

Ambil video sebanyak mungkin

Biasanya YouTuber menyebutnya film, jadi jika kita merekam banyak video, kita akan memiliki banyak bahan untuk dibawa pulang dan diedit. Setiap kali kita merekam video, kita pasti akan melakukan kesalahan atau kita merasa rekaman kita kurang tepat, tidak keren.

Semakin banyak film yang kita miliki, semakin mudah kita beradaptasi dalam mengedit video mentah dari kamera menjadi Vlog yang layak untuk ditransfer ke YouTube.

Edit Vlog agar lebih sempurna 

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kami terkadang mendapatkan rekaman yang kurang bagus. Lakukan pengeditan ringan seperti warna dan perbaikan cahaya, Kurangi guncangan kamera, tambahkan tanda air dan intro jika Anda merasa perlu untuk menandai.

Ngeditnya pake software apa ?

Anda bisa menggunakan beberapa software editing video seperti Adobe Photoshop dan AfterEffect. Namun jika Anda belum benar-benar memahami cara menggunakannya, NGELAG.com memiliki artikel yang mencantumkan 25 Software Editing Video Ringan yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan gratis.

Langkah keempat ,

Upload Vlog

Jika saat ini Anda memiliki Vlog yang layak untuk ditransfer ke YouTube, segera transfer dengan kemajuan khusus agar video Anda cepat terkenal.

Beberapa optimasi yang bisa kalian lakukan dengan mudah antara lain :

  • Berikan judul vlog yang menarik dan berkaitan dengan trending topic
  • Tulis deskripsi vlog yang jelas dan panjang
  • Promosikan vlog lewat social media
  • Share vlog lewat forum kaskus , dan situs yang memperbolehkan kita untuk share video .

Langkah kelima ,

Yang Harus Dilakukan Agar Channel Bisa Berkembang

Banyak yang mengeluh setelah membaca artikel tentang tips dan trik menjadi YouTuber di sini karena mereka mengatakan telah membuat saluran YouTube dan mentransfer video tetapi tidak terkenal. Ternyata mereka suka yang instan hehe.

Baru transfer 1 video lalu ngomel karena subscriber dan bayaran tidak naik, sebagai ilustrasi youtuber akan mulai sukses dan sadar kalau biasanya mereka sudah dinamis di Youtube selama kurang lebih 6 bulan dengan 1 video baru dan unik secara reguler interval.

READ ALSO :   Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Lalu bagaimana caranya agar channel bisa populer lebih cepat ?

Cara agar channel youtube cepat populer yang bisa kalian lakukan itu hanya 2 !

  • Upload video unik (bukan reupload video orang lain dan yang pertama) dengan membahas topik yang sedang banyak dicari oleh orang banyak .
  • Upload video berkualitas setiap hari dan lakukan optimasi dengan maksimal

Saya telah melakukan lebih dari dua metode dan hasilnya solid, misalnya kemarin ketika gerhana matahari absolut terjadi di Indonesia, secara teratur mentransfer video tentang gerhana matahari dan selama Februari hingga Maret, jumlah penayangan video di saluran meningkat tajam menjadi juta tampilan hanya melalui 1 video.

Saya juga pernah reupload video orang lain saat kejadian Bom Sarinah, sekitar itu channel ini mentransfer video tentang bom sarinah yang didapat dari channel youtube lain, hasilnya fantastis 1 hari mendapat 500.000 views tapi beberapa hari setelah sarinah episode bom berakhir, Channel I mendapat teguran hak cipta dan berharap videonya dihapus. Hal-hal seperti ini menyebabkan jumlah penayangan turun drastis.

Saya juga sampai sekarang berurusan dengan saluran youtube dengan siklus transfer video sehari-hari, setiap video saya dibuat dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan pendapatan, dengan tema inovasi dan hasilnya fantastis, video yang saya transfer selalu menghasilkan bagaimana memecahkan 10.000 tampilan cacat pada hari pertama.

Vlogger Terkenal

Di ranah global, Casey Neistat adalah seorang YouTuber yang terkenal dengan vlog-nya. Sedangkan di Indonesia ada beberapa Youtuber yang sering membuat Vlog, contohnya Raditya Dika dengan RVLOG-nya

Artikel yang menjelaskan cara membuat video blog di youtube sudah selesai, idealnya artikel dari bagian 1001 tentang cara menjadi youtuber cukup dapat dipahami dan dapat digunakan sebagai referensi yang bermanfaat bagi Anda yang bercita-cita menjadi bintang youtuber Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.