Info Apa Itu VPS Hosting ?

Info Apa Itu VPS Hosting ?

Posted on

anwarsigit.com – Apa itu hosting VPS? Bagi Anda yang ingin mengenal Virtual Private Server (VPS) atau Anda yang saat ini memiliki website menggunakan shared hosting dan ingin pindah ke VPS Hosting, maka Anda berada di artikel yang tepat.

Karena pada artikel ini , akan dibahas mengenai :

  • Cara Kerja VPS Hosting
  • Perbedaan Antara VPS dan Shared Hosting
  • Kapan saya memerlukan VPS Hosting ?
  • Cara mengetahui spesifikasi VPS yang pas untuk website “sekian” pengunjung ?

Info Apa Itu VPS Hosting ?

Apa Itu VPS Hosting ?

Virtual Private Server (VPS) adalah server yang berada di server induk, atau bisa juga diartikan sebagai server induk yang dipartisi secara praktis.

Cara Kerja VPS Hosting

Di VPS Hosting, setiap situs web yang dihosting di dalamnya akan memiliki eksekusi yang bagus. Ini karena setiap partisi dari server dasar memiliki desainnya sendiri sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Agar VPS bekerja secara ideal tanpa halangan dari luar, inilah yang disebut dengan Isolated Environment.

Agar lebih mudah dipahami, berikut adalah gambar yang menjelaskan perbedaan antara shared hosting dan VPS hosting:

Pada dasarnya jika Anda meng-hosting situs web di VPS, Anda menggunakan 1 server bersama dengan pelanggan/situs web lain. Namun, setiap pelanggan akan mendapatkan mesin virtual mereka sendiri dengan sumber daya (prosesor, penyimpanan, memori, dan kapasitas transfer data) yang diberikan secara eksklusif untuk 1 pelanggan.

Pelanggan atau situs web lain yang berada di partisi atau mesin virtual lain tidak akan memengaruhi tampilan situs web Anda.

READ ALSO :   Apa Arti Dari Marhaban Ya Ramadhan?

Berbeda dengan shared hosting dimana 1 server fundamental sedang diganggu, justru hal inilah yang menyebabkan ketidakstabilan pada shared hosting, karena ketika website orang lain menggunakan resource yang sangat besar, website Anda akan terkena dampaknya.

Server Pribadi Virtual hampir mirip dengan server berkomitmen, di mana Anda benar-benar membayar sumber daya yang Anda gunakan tanpa impedansi dari pelanggan lain.

Perbedaan Antara VPS dan Hosting Berbagi Pakai

Agar lebih mudah lagi dimengerti , kita analogikan server ini dengan sebuah rumah .

Shared Hosting : adalah sebuah rumah dengan 1 kamar , 1 ruang makan dan 1 kamar mandi yang ditinggali oleh 10 orang . Setiap orang yang tinggal dirumah ini , setiap pagi harus antri ke kamar mandi , tidur berhimpitan dan berebut makanan .

VPS Hosting : adalah sebuah rumah yang dijadikan kost-kostan , setiap kostan memiliki sebuah kasur , ruang makan dan 1 kamar mandi . 1 kostan hanya boleh ditinggali oleh 1 orang saja , sehingga orang tersebut bisa makan , tidur dan mandi kapan saja tanpa harus memakan waktu untuk mengantri .

Kapan Saya Memerlukan VPS Hosting ?

Yang pasti, pertanyaan ini dalam banyak kasus merupakan kesulitan ketika memiliki sebuah situs web. Beberapa dari Anda merasa bingung ketika harus memilih antara Shared dan VPS Hosting.

Hosting bersama memang memiliki biaya yang sangat murah, tetapi dengan layanan dan eksekusi yang sangat dapat diabaikan. Sementara VPS memiliki nilai yang cenderung lebih mahal, namun penyajiannya saat ini tidak dalam ketidakpastian.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan tanda atau ciri-ciri website harus pindah ke VPS .

1 . Pengunjung Website Meningkat

Jika pengunjung situs Anda mencapai 2.000 hingga 3.000 setiap hari dengan tampilan halaman mencapai 6.000 setiap hari, maka VPS adalah keputusan yang ideal untuk Anda.

READ ALSO :   Berikut ini Tips Download File Scribd Gratis Terbaru 2022, Tanpa Login dan Nggak Pakai Ribet!

Bahkan dengan ukuran lalu lintas ini, shared hosting sebenarnya dapat menanganinya, tetapi kami tidak yakin apakah 3.000 pengunjung itu baik-baik saja dengan kecepatan yang ditawarkan situs web kami? Apakah ada potensi pageview yang terbuang karena shared hosting tiba-tiba menjadi tidak stabil?

Dengan menggunakan VPS kemungkinan untuk meningkatkan jumlah kunjungan sangat besar, hal ini dikarenakan website kita menjadi lebih cepat dan mesin pencari google menyukai website dengan beban waktu yang singkat untuk ditempatkan pada halaman pertama hasil pencarian google.

2  . Backend Terasa Berat

Biasanya jika website kita menggunakan CMS, maka ketika pengunjung website tinggi, backend website akan terasa sangat berat. Memposting artikel dan mentransfer gambar akan memakan waktu lebih lama.

Jika Anda juga merasakan hal tersebut di atas, maka segera pindah ke VPS Hosting, dengan backend yang cepat, produktivitas Anda akan meningkat.

Semakin cepat sebuah artikel diterbitkan, semakin cepat pengunjung akan datang.

3 . Keamanan dan Akses Root

Jika Anda seorang web designer yang mengelola beberapa website klien, maka lebih baik menyimpan website klien di server VPS.

Dengan menggunakan server VPS, keamanan dan stabilitas akan sangat tinggi, hal ini akan membatasi keluhan dari klien yang merengek karena website sudah tua.

Server VPS juga memberikan akses root penuh kepada pengguna, ini memungkinkan Anda untuk mendesain sesuai keinginan klien.

Spesifikasi VPS yang pas untuk website saya ?

Jika Anda tidak yakin tentang spesifikasi VPS yang ideal untuk situs web Anda, cobalah membeli VPS dengan bundel terendah selama beberapa bulan dan rasakan presentasinya. Jika berat maka skala/desain ulang, jika terasa lebih ringan dan lebih menyenangkan maka itulah spesifikasi server VPS yang cocok untuk website Anda yang sedang berjalan.

READ ALSO :   Di Bawah ini Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Apakah ada VPS free trial ?

Ya, tetapi Anda biasanya memerlukan kartu kredit sebelum dapat menggunakan VPS pendahuluan. Tapi tenang saja, bagi Anda yang perlu belajar dan mencoba merasakan VPS Hosting untuk website Anda, NGELAG.com telah memberikan latihan instruksional di artikel sebelumnya: Cara Mendapatkan VPS Digital Ocean Gratis Tanpa Kartu Kredit

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.